Cara Membuat Mind Mapping di Hp Paling Praktis!

Cara Membuat Mind Mapping di Hp Paling Praktis!

Saat ini pembelajaran dilakukan serba online, maka penggunaan Hp untuk mengerjakan tugas menjadi hal wajar. Adanya kemudahan yang diberikan Hp untuk mengatasi beberapa hal. Salah satunya membuat mind mapping. Adapun cara membuat mind mapping di Hp bagi pelajar ada 3 macam. Mulai dari penggunaan aplikasi bawaan, situs dan aplikasi tambahan yang caranya dibahas berikut ini:

Menggunakan Aplikasi Bawaan Hp

Cara membuat mind mapping di Hp yang pertama ini sangat mudah, namun beberapa bahkan kebanyakan pengguna Hp tidak melakukannya. Salah satunya Hp smartphone yang  saat ini diketahui memiliki beberapa aplikasi bawaan Hp ketika pengguna Hp membelinya. Ponsel baru biasanya sudah dilengkapi beberapa aplikasi dasar di dalamnya.

Aplikasi dasar ini seperti kalender, pesan teks, jam, dan masih banyak lainnya. Diantara aplikasi dasar tersebut, catatan atau notes adalah salah satu aplikasi bawaan yang bisa pengguna pakai untuk membuat mind mapping. Caranya cukup mudah. Pembuat mind mapping tentu harus sudah memiliki tema utama dan materi dari mind mapping yang akan dibuat.

Baca Juga »  Simak Cara Mengatasi Wifi Lemot Saat Main Game Di Hp Android

Aplikasi catatan atau notes bawaan dari Hp biasanya memberikan fitur pena, dimana penggunanya bisa menggambar sesuai keinginannya. Buat daftar isi konten dari mind mapping. Setelah itu, tentukan hubungan masing-masing poin dari konten tersebut. Lanjutkan dengan mulai menggambarkannya. Gambar sebebas mungkin dan mind mapping bisa tetap tersimpan di aplikasi catatan atau notes bawaan Hp.

Menggunakan Situs Pembuat Mind Map

Cara membuat mind mapping di Hp selanjutnya dengan situs online. Beragam situs ini sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan pembelajaran atau pun pekerjaan online. Situs-situs ini pun bisa diakses dengan browser Hp dan gratis. Kelebihan cara ini bukan hanya pada fiturnya saja, tapi juga kemampuan situs untuk menyimpan mind mapping dalam beberapa jenis format file.

Baca Juga »  Inilah Cara Mengatasi FB Kena Spam Dengan Tepat

Langkah pertama yang perlu dilakukan tentunya adalah mempersiapkan tema dan materi untuk mind mapping. Setelah hal tersebut sudah disiapkan, buka browser pada Hp dan masukkan alamat situs mind mapping. Beberapa situs yang menyediakan fitur mind mapping, diantaranya: MindMeister, Lucidchart, MindMup, dan masih banyak lainnya.

Ketikkan salah satu nama situs pada kolom pencarian. Setelah berhasil masuk ke situs, biasanya situs akan meminta pembuat mind mapping untuk sign up/sign in. Apabila sudah menyelesaikan pendaftaran, bisa lanjut gambar dan memanfaatkan koleksi elemen untuk membuat mind mapping.

Menggunakan Aplikasi Pembuat Mind Map Gratis

Berikutnya adalah cara membuat mind mapping di Hp dengan praktis, namun bisa diakses kapanpun tanpa takut file mind mapping hilang. Jika menggunakan cara sebelumnya, mungkin pembuat mind mapping akan kesulitan untuk kembali ke situs dan file mind mapping yang dibuat cenderung lebih mudah hilang.

Baca Juga »  Cara Menyembunyikan WiFi IndiHome di PC dan Hp Android

Kali ini pengguna bisa memasang aplikasi tambahan di Hp untuk membuat mind mapping. Tentunya aplikasi ini tersedia di toko resmi Play Store. Beberapa aplikasi ini contohnya, antara lain: Xmind: Mind Mapping, Git Mind, Sketchboard, Simplemind Lite, dan masih banyak lainnya.

Caranya, pembuat mind mapping cukup mengunduh salah satu aplikasi di atas. Setelah pemasangan aplikasi, lakukan pendaftaran. Masuk dengan alamat email atau gunakan akun Google dan Facebook yang dimiliki. Lanjutkan dengan mulai brainstorming dan menuangkannya dalam gambar, flowchart, teks, dan garis yang bisa dibuat secara bebas. Akun yang terdaftar akan membuat file tetap tersimpan.

Itulah cara membuat mind mapping di Hp yang paling praktis. Tentukan cara mana yang ingin digunakan. Kemudahan teknologi masa kini bisa mempermudah berbagai pekerjaan yang harus dilakukan. Selamat berkreasi dan kembali bekerja.