keahlian nabi idris adalah

Apakah Keahlian Nabi Idris Adalah Berhitung dengan Cepat Saja Tentu Tidak, Ini yang Lainnya!

Nabi Idris As merupakan seorang nabi yang terkenal karena kecerdasannya. Sedangkan keahlian Nabi Idris adalah bisa menafsirkan mimpi dengan tepat dan cepat dan tentunya atas kehendak Allah yang telah menyematkan status kenabian kepadanya.

Nah, bagi yang ingin mengetahui keahlian Nabi Idris yang lain, silakan baca ulasan ini. Isinya sengaja mengupas tentang keahlian Nabi Idris yang hingga saat ini, masih banyak umat tidak mengetahuinya. Ini keahlian-keahlian yang dimaksud:

1. Menjadi Seorang Penjahit Ulung

Nabi Idris memiliki mukjizat pada kecerdasan pikirannya. Bahkan, ada yang mengatakan kalau Nabi Idris merupakan seorang nabi yang pertama kali memperkenalkan teknik jahitan di dunia. Ya, Nabi Idris adalah seorang penjahit ulung ketika manusia di kala itu, masih menggunakan pakaian tanpa jahitan.

Bahkan, di masa beliau, manusia masih ada yang menggunakan kulit binatang sebagai pakaian. Namun, sejak masuk ke periode Nabi Idris, teknik penjahitan mulai muncul yang salah satu perintisnya adalah Nabi Idris Alaihissalam.

2. Mampu Menulis di Segala Media

Menurut tarikh sejarah kenabian, dijelaskan keahlian Nabi Idris adalah mampu menulis di segala media. Pada saat itu, memang masih belum ada kertas tidak seperti jaman ini. Namun, Nabi Idris sudah menulis di kala itu dengan menggunakan pasir dan batu sebagai medianya.

Tidak disangka, teknik menulis di atas batu, menjadi begitu populer dan tahan lama hingga ratusan tahun setelah Nabi Idris wafat. Bahkan, teknik menulis semacam ini masih bertahan sampai ditemukan mesin pencetak kertas yang menurut informasinya muncul di masa Revolusi Perancis di abad 20.

Baca Juga  Beginilah Cara Menghilangkan Iri Hati Menurut Islam

3. Menguasai Ilmu Matematika dan Astronomi

Sebelum Einstein didapuk sebagai ahli matematika, sepertinya Nabi Idris merupakan sosok matematikawan pertama di dunia ini. Bahkan akibat kecerdasannya di dalam menghitung, membuat beliau mampu mengkalkulasi gejala angkasa termasuk mahir dalam menghitung pergerakan benda langit dan cuaca yang diistilahkan dengan ilmu astronomi.

Jika membaca dari narasi di atas, tentunya wajar kalau di masa Nabiyullah Idris, ilmu pengetahuan terutama terkait dengan alam dan perbintangan sudah cukup berkembang. Namun, pasca runtuhnya Kekhalifahan Abbasiyah, ilmu pengetahuan dalam khazanah Islam justru mengalami penurunan karena banyaknya perpustakaan dan buku-buku yang dimusnahkan.

4. Ahli dalam Berkuda

Nabi Idris adalah seorang nabiyullah yang sangat tangkas ketika berkuda. Menurut tarikh sejarah, setiap kuda yang ditumpangi pasti patuh dan tidak menolak ketika Nabi Idris mengendarainya untuk bepergian.

Pada saat itu, peperangan antar suku maupun bangsa masih sangat jarang terjadi. Artinya, pasukan yang tangkas berkuda masih sangat sedikit. Maka dari itu, menjadi wajar, kalau ketangkasan nabi Idris As dalam berkuda dianggap mukjizat yang kala itu, masih belum banyak orang bisa melakukannya.

5. Ahli dalam Membaca

Sebagian besar nabiyullah adalah ummi atau tidak bisa membaca dan tidak bisa menulis. Namun, Nabi Idris As adalah sosok berbeda, yang justru Allah membekalinya dengan kemampuan membaca yang sangat fasih. Tidak banyak yang mengetahui keahlian Nabi Idris ini, sebab tidak banyak dikisahkan dalam pelajaran di sekolah.

Hal ini Allah tunjukkan dengan memberikan Nabi Idris beberapa sahifah. Menurut bahasa, sahifah adalah lembaran-lembaran suhuf yang luar biasanya, Nabi Idris As, mampu membaca lembaran-lembaran tersebut yang berisi perintah untuk bertauhid kepada Allah.

Baca Juga  7 Cara Menyuburkan Kandungan Menurut Islam Lebih Aman dan Halal

Jika ditanya apa keahlian Nabi Idris? Maka jawablah, keahlian Nabi Idris adalah menguasai segala macam ilmu pengetahuan. Sedangkan pemetaannya, sudah dijelaskan di atas yang semoga bisa menjadi pengetahuan berharga untuk semua umat Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *