hikmah kisah nabi yusuf

5 Hikmah Kisah Nabi Yusuf yang Bisa Dijadikan Teladan

Nabi Yusuf merupakan putra termuda dari Nabi Yakub yang harus melalui banyak ujian dan rintangan dalam hidupnya. Tidak heran, banyak hikmah kisah Nabi Yusuf yang bisa menjadi teladan hingga masa kini. Meskipun Nabi Yusuf didera kesulitan namun Nabi Yusuf tidak berhenti percaya pada kekuasaan Allah SWT.

Pada ulasan kali ini akan dibahas 5 hikmah dari kisah Nabi Yusuf yang dapat dijadikan teladan. Walaupun kisah Nabi Yusuf sudah terjadi ratusan tahun silam namun kisah hidupnya tetap diteladani hingga sekarang. Bahkan banyak hikmah dalam kisahnya yang bisa diterapkan pada zaman sekarang. Penasaran apa saja hikmah yang bisa diambil? Berikut ini diantaranya:

1. Tidak Sombong

Sudah banyak yang mengetahui bahwa dalam kisahnya Nabi Yusuf memiliki wajah yang sangat tampan. Tidak hanya itu Nabi Yusuf juga memiliki fisik yang sempurna. Tidak mengherankan jika banyak wanita yang merayu Nabi Yusuf termasuk Zulaikha yang merupakan istri tuannya sendiri. Namun walaupun memiliki kesempurnaan rupa dan fisik, Nabi Yusuf tidak bersikap sombong mengenai hal itu.

Nabi Yusuf tetap rendah diri dan menolak Zulaikha yang merupakan milik sah lelaki lain. Sikap rendah hati Nabi Yusuf ini dapat diteladani agar seseorang tidak bangga atas kesempurnaan fisiknya. Karena fisik merupakan hal yang fana dan bukanlah segalanya di mata Allah SWT.

2. Tidak Mendendam

Pada kisahnya, Nabi Yusuf mendapatkan banyak perilaku buruk dari saudara-saudaranya yang lebih tua darinya. Bahkan saudara-saudaranya pula yang merencanakan pembunuhan pada Nabi Yusuf namun syukurlah beliau masih diselamatkan oleh Allah SWT. Walaupun sudah menerima perlakuan yang begitu kejam dari keluarganya sendiri. Nabi Yusuf tidak menyimpan rasa dendam pada mereka, apalagi bermaksud membalaskan dendam.

Baca Juga  Keteladanan Nabi Ibrahim dan Ismail dalam Membentuk Anak yang Soleh dan Soleha

Bahkan ketika ia bertemu lagi dengan saudara-saudaranya dalam keadaan kesusahan. Nabi Yusuf dengan senang hati menerima mereka kembali. Tidak hanya menerima Nabi Yusuf juga membantu mereka keluar dari kesusahan dan memaafkan segala kesalahan mereka.

3. Menjaga Hawa Nafsu

Hikmah kisah Nabi Yusuf selanjutnya adalah sikapnya yang menjaga hawa nafsu. Karena ketampanannya yang tidak terkira, tidak akan ada wanita yang akan menolak ajakan Nabi Yusuf. Setan pun sering membujuk rayu Nabi Yusuf agar terjerumus pada jurang dosa, namun Nabi Yusuf tidak tergoda. Hal ini karena Nabi Yusuf memiliki pengendalian diri yang bagus sehingga dirinya bisa menjaga hawa nafsunya.

Pengendalian diri merupakan hal yang sangat penting untuk diterapkan di masa sekarang. Karena godaan dunia sudah semakin banyak sehingga manusia biasa semakin sulit mengendalikan hawa nafsu. Belajar dari Nabi Yusuf, yang mana ia telah memiliki banyak kelemahan namun tetap mengendalikan dirinya dan hawa nafsunya.

 4.Selalu Sabar Menghadapi Ujian

Walaupun Nabi Yusuf selalu dihadapkan dalam ujian yang tiada henti mulai dari rasa iri dan dengki dari saudara-saudaranya. Kemudian harus terpisah dari orang tua yang disayanginya, menjalani kehidupan yang keras, digoda oleh para wanita hingga dimasukan dalam penjara. Selama menjalani cobaan hidup tersebut, Nabi Yusuf tidak pernah kehilangan kesabarannya, beliau juga tidak berhenti percaya bahwa pertolongan Allah SWT akan selalu datang.

Kesabaran adalah hal yang sangat diperlukan dalam kehidupan masa kini, di mana ritme hidup berjalan begitu cepat. Orang-orang menjadi kurang bersabar dan sering mengeluh dalam menghadapi ujian hidup. Padahal pertolongan Allah SWT adalah benar adanya bagi orang-orang yang bersabar dan berusaha.

5. Bersikap Waspada dan Antisipatif

Nabi Yusuf bukan hanya sosok yang tampan namun juga cerdas, hal ini tercermin sepanjang perjalanan hidupnya yang tertulis. Nabi Yusuf  selalu bersikap waspada pada segala kemungkinan yang terjadi. Tidak hanya itu, beliau selalu berusaha mengantisipasi hal buruk sebelum hal tersebut terjadi.

Baca Juga  7 Cara Menyuburkan Kandungan Menurut Islam Lebih Aman dan Halal

Sikap ini bisa menjadi teladan bagi orang-orang yang hidup di masa sekarang. Karena kebaikan bisa datang dalam sisi manapun dalam hidup. Kehidupan sebagai manusia ada baiknya untuk selalu waspada dan menyiapkan segala sesuatunya sampai ke kemungkinan yang terburuk.

Itulah 5 hikmah kisah Nabi Yusuf yang bisa menjadi teladan bagi para umat muslim. Nabi Yusuf merupakan sosok tepat yang dijadikan panutan. Bahkan hingga masa sekarang, sosoknya dan sikapnya bisa menjadi contoh bagi para umat muslim. Bagaimana sikap dan sifat dalam menjalani hidup agar mendapatkan pertolongan dan keberkahan dari Allah SWT.

Leave a Reply

Your email address will not be published.