5 Cara Mengikhlaskan Seseorang Menurut Islam Yang Harus Diketahui

5 Cara Mengikhlaskan Seseorang Menurut Islam Yang Harus Diketahui

Perkara melupakan dan mengikhlaskan sesuatu yang ada dalam hidup memang rumit. Terlebih jika yang dimaksud adalah seseorang yang pernah sangat berarti dalam hidup maka akan sangat sulit. Berbanding dengan mengikhlaskan mungkin melupakan seseorang akan lebih mudah. Keikhlasan hanya bisa dirasakan saja tidak bisa diperlihatkan. Jika sudah melupakan tetapi masih belum bisa mengikhlaskan harus bagaimana? Inilah cara mengikhlaskan seseorang menurut Islam yang mungkin bisa jadi alternatif terbaik bagi pasukan gagal move on!

1. Jatuh Cinta Sewajarnya dan Cukup Cintai Karakternya

Prinsip awal jatuh cinta adalah sebelum adanya ikatan pernikahan sebaiknya jangan sampai jatuh hati sejatuh-jatuhnya. Jadi rasa sakit yang ditinggalkan akan lebih sedikit bekasnya. Lukanya sedikit maka proses pemulihannya juga sebentar dan akhirnya bisa ikhlas.

Jatuh cinta dengan seseorang hal yang harus dilihat adalah karakternya. Jangan sampai berpatokan pada visualnya saja, jadi jika gagal bisa cari yang lain yang karakternya sesuai. Jika sudah terlanjur kejadian gimana? Cukup percaya ada pelangi setelah hujan dan semua itu butuh pengorbanan.

2. Percaya Allah adalah Penentu Nasib Terbaik Umatnya

Jauh sebelum manusia dilahirkan Allah sudah terlebih dahulu menuliskan takdir hidupnya selama di dunia. Rezeki, maut, dan jodoh sudah menjadi ketetapan-Nya. Jika memang bukan seseorang itu maka relakan saja. Percaya saja pada hal baik yang telah Allah gariskan setelahnya.

Sembari percaya juga harus muhasabah diri dan mendekatkan diri pada-Nya. Renungkan apa-apa saja hal buruk yang mungkin dilakukan kemudian perbaiki. Lihat bagaimana komunikasi dengan Allah apakah jauh atau dekat. Jika jauh dekatilah Allah, karena Allah sebaik-baik teman mengadu.

Baca Juga  Mengulik Misteri Segitiga Bermuda Menurut Islam

3. Melakukan Berbagai Kegiatan Positif

Jika percaya Allah saja tidak cukup, maka mungkin dengan melakukan berbagai hal bisa menjadi cara mengikhlaskan seseorang menurut Islam yang bisa dicoba. Sibukan diri dengan berbagai kegiatan positif. Jika masih pelajar sibukan diri dengan belajar dan meningkatkan kualitas diri.

Selain itu, bisa juga mengikuti berbagai kajian umum maupun islami. Dengan kesibukkan maka akan lupa dan lupa adalah langkah awal menuju keikhlasan. Lupa akan kenangan bersama dia karena sudah ada teman-teman baru di forum.

4. Memperbanyak Ibadah

Jika memang sangat sulit untuk mengikhlaskan berarti mungkin terjadi karena Allah terlalu cemburu. Untuk itu tebuslah rasa cemburu-Nya dengan melakukan berbagai ibadah. Jika memang sedang tidak berhalangan  lakukanlah semua ibadah yang dibisa.

Baik yang wajib maupun sunnah, dari shalat wajib sampai tahajud di sepertiga malam. Bersimpuh minta maaf dan mohon diberikan rasa ikhlas. Tuangkan segala tangis di malam itu dan berjanji pada diri sendiri untuk memulai hari yang baru.

5.  Memutus Hubungan Dengannya

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah memutus segala kontak yang berhubungan dengannya. Bukan memutus silaturahmi tetapi lebih menjaga diri dari rasa sakit yang mungkin suatu hari hadir. Walaupun sudah putus kontak dan putus hubungan juga bukan berarti tidak bisa menjadi teman.

Pertemanan dan hubungan tidak dilihat dari siapa yang kita follow tetapi apa artinya diri ini bagi dia. Lagian sebagai usaha untuk mengikhlaskan seseorang butuh waktu untuk dirinya sendiri. Mungkin juga bisa saling follow kembali jika sudah berhasil.

Itulah penjelasan bagi teman-teman tentang cara mengikhlaskan seseorang menurut Islam yang mungkin dibutuhkan. Untuk menghindari kerumitan ini lebih baik jaga hati hanya untuk orang yang benar-benar berani mengikrarkan namanya di hadapan Allah saja. Mungkin dengan beberapa cara di atas bisa membuat hati lebih ikhlas.

Baca Juga  Apakah Keahlian Nabi Idris Adalah Berhitung dengan Cepat Saja Tentu Tidak, Ini yang Lainnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.