Ternyata Hemat dan Sederhana, Inilah 6 Rahasia Awet Muda Menurut Islam

Ternyata Hemat dan Sederhana, Inilah 6 Rahasia Awet Muda Menurut Islam

Menjadi awet muda merupakan impian banyak orang. Usia yang sudah mencapai pertengahan abad namun tetap tampak segar dan sehat menjadi keistimewaan tersendiri. Islam juga memiliki pandangan terhadap fenomena ini. Rahasia awet muda menurut Islam tidak memerlukan biaya banyak seperti halnya perawatan kecantikan. Cara melakukannya juga mudah dan tidak memakan waktu. Berikut ini tipsnya:

1. Rajin Berwudhu

Sudah bukan rahasia bahwa wudhu dapat menjernihkan wajah sekaligus pikiran seseorang. Dengan berwudhu, tubuh dibasuh oleh air segar sehingga suasana hati yang buruk dapat menjadi lebih tenang dibandingkan sebelumnya. Hal ini juga terpancar melalui wajah dan sikap seseorang.

Kebiasaan berwudhu juga baik untuk kesehatan wajah karena terhindar dari kulit kering akibat terpapar sinar matahari atau pendingin ruangan. Penelitian dari Prof Leopold, seorang neurolog dari Austria menunjukkan bahwa pusat wajah berupa dahi sensitif terhadap air sehingga rutin membasuhnya bisa berdampak baik untuk kesehatan kulit.

2. Suka Tersenyum

Rahasia awet muda menurut Islam yang kedua ini mungkin terdengar sepele, namun kebiasaan ini baik untuk kesehatan fisik maupun psikologis seseorang. Al Quran sangat menganjurkan umatnya untuk tersenyum karena dapat menjadi ibadah dan melapangkan rezeki seseorang. Senyum dapat memberi pesan positif untuk orang lain sehingga dapat membagi sifat baik. Tarikan pada kedua sudut bibir melatih otot wajah untuk lebih fleksibel sehingga tidak mudah mengalami pengenduran.

3. Memperbaiki Pola Makan

Apa yang dimasukkan ke dalam mulut akan diproses dan diserap di dalam tubuh. Pengaruh makanan yang masuk terhadap kesehatan tubuh seseorang sangat besar. Pola makan yang sehat menjadi salah satu faktor pendukung agar tetap awet muda.

Baca Juga  7 Manfaat Puasa Rajab 1 Hari Bagi yang Menjalankan

Nabi mengajarkan pola makan yang sehat yaitu membagi ruang dalam perut ketiga bagian 1/3 untuk makanan, 1/3 air, dan 1/3 lainnya udara. Selain itu, puasa sunnah juga contoh yang baik untuk menjaga tubuh tetap sehat dengan memberi jeda bagi lambung.

4. Senantiasa Berbenah Diri

Kesehatan fisik dan mental saling berkaitan. Rahasia awet muda menurut Islam berikutnya terkait dengan pola pikir serta perilaku seseorang. Dari masifnya media seperti sekarang, mendapatkan ilmu bisa jauh lebih mudah dibanding dulu. Buku, podcast YouTube, konten Instagram, dan sebagainya semakin banyak yang membahas hal ini termasuk bagaimana mengajak pola pikir untuk bekerjasama.

Nyatanya, dalam Islam dijelaskan bahwa prasangka positif terhadap Allah. Dengan berpikiran positif dapat memperbaiki kesehatan tubuh maupun batiniah sehingga awet muda. Rasulullah sendiri senantiasa memperbaiki pribadinya sehingga memancarkan aura muda, tangguh, dan segar.

5. Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun dikenal sebagai zat yang sangat bermanfaat untuk menjaga wajah tetap lembab sekaligus mengontrol kadar minyak. Apalagi Indonesia merupakan negara yang dilintasi garis khatulistiwa. Mengoleskan minyak zaitun secara rutin bisa menghindarkan wajah dari bersisik dan kering.

6. Mengatur Pola Tidur

Pola tidur yang terjaga merupakan rahasia awet muda menurut Islam selanjutnya. Tidur adalah kebutuhan biologis manusia. Tidak hanya memperbaiki fungsi otak, namun juga memberi waktu bagi organ tubuh untuk melakukan tugasnya. Kurangnya kualitas tidur dapat berpengaruh ke banyak hal, salah satunya tidak segar saat bangun pagi dan menurunkan mood. Padahal suasana hati, pikiran, serta fisik yang prima merupakan kunci awet muda.

Itulah rahasia awet muda menurut Islam yang bisa dilakukan secara mudah dan hemat. Islam juga sangat menyukai keindahan, sehingga untuk melakukannya tidak memerlukan hal ekstra melainkan dengan cara yang sederhana namun menimbulkan rasa tenang dalam pikiran. Meski begitu bukan berarti seseorang dapat melawan kodrat dimana penuaan terjadi secara bertahap, karena hal itu merupakan perubahan alamiah dan merupakan tanda perjuangan dalam menjalani kehidupan.

Baca Juga  6 Sifat Nabi Nuh yang Patut Diteladani Oleh Seluruh Umat Muslim

Leave a Reply

Your email address will not be published.