7 Mukjizat Para Nabi dan Rasul yang Membuktikan Kuasa Allah

7 Mukjizat Para Nabi dan Rasul yang Membuktikan Kuasa Allah

Peristiwa luar biasa diluar dari akal manusia disebut juga mukjizat.  Allah menurunkan mukjizat kepada manusia terpilih yaitu Nabi serta Rasul. Mukjizat para Nabi dan Rasul diberikan sesuai dengan sifat mulia dalam menyebarkan ilmu agama pada umat manusia. Apalagi beberapa Rasul harus menghadapi umat yang menyimpang seperti penyembah berhala. Berikut mukjizat yang diberikan selama kehidupan Nabi dan juga Rasul:

1. Nabi Adam

Pertama kali diciptakan oleh Allah sebagai manusia sekaligus Nabi pertama adalah Nabi Adam. Beliau diutus untuk turun ke bumi. Sebagai manusia pertama, beliau dianugerahi beberapa mukjizat yakni menjadi khalifah, diajarkan seluruh hal mengenai nama benda serta makhluk bumi. Beliau juga diberi berpasang-pasang keturunan kembar sehingga dapat melanjutkan keberlangsungan hidup manusia di bumi hingga saat ini.

2. Nabi Hud

Allah telah mengutus Nabi Hud untuk menghadapi kaum Ad. Tidak hanya terkenal sebagai kaum yang sangat suka menari, tetapi juga pandai berbuat maksiat dan menghamburkan kekayaan. Dalam dakwahnya, beliau banyak diserang rasa iri serta dengki oleh kaum Ad. Ketika sudah semakin keterlaluan, badai besar diturunkan oleh Allah sehingga membinasakan kaum tersebut. Mukjizat yang dimiliki Nabi Hud yakni kemampuan menurunkan hujan dengan seizin Allah untuk mengatasi kekeringan yang dialami kaum Ad.

3. Nabi Ibrahim

Mukjizat para Nabi dan Rasul seringkali benar-benar mengejutkan. Sebagai sosok Nabi dengan gelar ulul azmi, Nabi Ibrahim diberkahi dengan kemampuan berbicara sejak bayi. Saat menghancurkan berhala yang ketika itu disembah kaum Raja Namrud, beliau dihukum dengan dibakar, namun tubuhnya tidak terbakar. Bahkan pada usia menjelang satu abad, Nabi Ibrahim yang sangat mendambakan anak akhirnya dikaruniai seorang putra yaitu Nabi Ismail.

Baca Juga  5 Cara Mengikhlaskan Seseorang Menurut Islam Yang Harus Diketahui

4. Nabi Yusuf

Salah satu nabi yang pernah mengalami mimpi dimana benda langit seperti matahari dan bulan bersujud pada dirinya. Beliau diberi mukjizat berupa ketampanan luar biasa serta kemampuan untuk menafsirkan mimpi. Berkat kemampuannya tersebut, Nabi Yusuf bisa menafsirkan mimpi dari Raja Mesir hingga dipercaya untuk menjadi pejabat kepercayaan.

5. Nabi Ayub

Dianugerahi istri, keturunan dan harta yang berlimpah itu adalah Nabi Ayub. Meski demikian, beliau jauh dari kata sombong dan selalu berusaha mengamalkan perbuatan baik. Nabi Ayub diuji dengan penyakit berat pada kulitnya, juga kehilangan anak-anak serta hartanya. Dalam situasi tersebut beliau masih berserah diri pada Allah dan sangat sabar hingga diberikan mukjizat dapat mengeluarkan air dari dalam tanah untuk menyembuhkan penyakitnya.

6. Nabi Yunus

Mukjizat para Nabi dan Rasul diceritakan dalam buku dongeng, kartun, dan media lainnya. Contoh kisah yang terkenal di kalangan anak-anak yakni Nabi Yunus. Pada saat itu beliau diutus Allah agar membuat kaum Assyria tersadar dari perilakunya yang menyembah berhala. Di tengah jalan, kapal diserang oleh badai besar sehingga beliau dikorbankan dan tenggelam di laut. Walau ditelan paus selama beberapa saat, Allah menurunkan mukjizatnya sehingga Nabi Yunus berhasil selamat.

7. Nabi Muhammad

Nabi yang terakhir sekaligus Rasul adalah Nabi Muhammad. Beliau merupakan teladan umat Islam yang paling tersohor hingga saat ini karena perilaku teladannya yang meneduhkan. Beliau memiliki gelar ulul azmi dan dipercaya untuk menerima Al Quran yang menjadi kitab suci umat Muslim sampai sekarang. Mukjizat Allah untuk Nabi Muhammad cukup banyak. Menghasilkan air jernih dari jarinya, membelah bulan, dapat menurunkan hujan, dan sebagainya.

Itulah beberapa mukjizat para Nabi dan Rasul. Jumlah Nabi sebenarnya banyak, namun Islam mewajibkan untuk mengenal 25 Nabi. Bagi umat Islam, kisah Nabi serta Rasul sudah tidak lagi asing. Kisah-kisah teladan ini dapat diceritakan pada anak-anak, diikutsertakan dalam pelajaran di sekolah, serta menjadi sumber ilmu dan perenungan bagi orang dewasa.

Baca Juga  Inilah 5 Kisah Taubat Sahabat Nabi yang Bisa Menjadi Tauladan

Leave a Reply

Your email address will not be published.