6 Cara Mengatasi Anak Rewel Menurut Islam, Terutama Saat Akan Tidur Yang Mudah Dipraktekkan!

6 Cara Mengatasi Anak Rewel Menurut Islam, Terutama Saat Akan Tidur Yang Mudah Dipraktekkan!

Islam adalah agama yang sangat luas terkait dalam mengatur kehidupan penganutnya. Aturan tersebut bukan bertujuan mengekang namun sebagai petunjuk untuk berada di jalan yang benar dan mudah. Selain mengatur tata cara beribadah, Islam juga mengatur tentang parenting. Salah satunya akan dipaparkan 6 cara mengatasi anak rewel menurut Islam yang tentunya sangat mudah untuk dipraktekkan.

1. Membacakan Doa Atau Shalawat

Salah satu cara mengatasi anak rewel menurut Islam adalah dengan membacakan doa atau sholawat. Pasalnya bacaan doa adalah bacaan baik yang diharapkan mampu membuat anak lebih tenang. Selain itu jika anak sudah usia yang bisa berbicara. Maka bisa juga untuk mengajari anak akan sholawat yang dilafalkan.

Adapun doa-doa yang bisa dibaca adalah kumpulan dari surat-surat pendek. Misalnya Al Falaq, An Nas maupun ayat kursi. Kemudian usap secara perlahan ke tubuh anak bayi yang rewel. Atau dengan menggendongnya perlahan agar lebih tenang berada di dekapan orang tuanya.

2.  Menahan Emosi Dan Tetap Bersikap Lembut Ke Anak

Sudah menjadi hal wajar saat anak terutama yang usianya masih bayi sering menangis atau rewel. Pasalnya diusia tersebut anak belum bisa mengungkapkan keinginannya. Jadi, saat anak merasa tidak nyaman maka dia akan menangis atau rewel.

Untuk itu para orang tua diharapkan bisa memahami kondisi tersebut. Beberapa orang tua mungkin akan terpancing emosinya dan memarahi anak. Namun, dalam islam hal tersebut tidak dianjurkan. Memarahi anak bukan solusi terbaik. Maka perlakukan anak dengan baik misalnya mencari sumber yang membuat dia tidak nyaman mungkin lapar, gerah dan lain sebagainya.

Baca Juga  Cara Membayar Fidyah Puasa Tahun Lalu Menggunakan Uang

3. Memutarkan Murottal Al Quran

Tidak hanya untuk anak kecil, mendengarkan lantunan ayat suci Al-Quran juga membuat orang dewasa lebih tentram ketika mendengarnya. Oleh karena itu, dengan memutarkan murottal Al-Quran anak akan lebih tenang. Selain itu, manfaat mendengarkan bacaan Al Quran juga baik untuk tumbuh kembang anak-anak. Hal ini dilakukan supaya anak-anak lebih familiar dengan bacaan Al-Quran.

4. Memberikan Asi Jika Masih Bayi

Cara mengatasi anak rewel selanjutnya adalah dengan memberikannya ASI. Hal ini berlaku pada anak-anak yang usianya masih menyusui. Pasalnya bisa jadi penyebab anak rewel adalah karena haus dan lapar. Namun, jika sudah besar bisa memberikannya makanan kesukaan namun tetap dengan pengawasan orang tua.

5. Menjaga Kebersihan Tempat Anak Berada

Anak rewel bisa disebabkan banyak hal. Jika terjadi saat malam hari atau kondisi menjelang tidur, para orang tua bisa mengecek tempat tidur anak. Bisa jadi ada benda atau kotoran yang membuat anak tidak nyaman untuk tidur.

Salah satu ajaran Islam juga menganjurkan bahwa sebelum tidur hendaknya membersihkan tempat tidur, terutama bagian kasur. Kemudian wudu dimana sebenarnya tujuan utamanya adalah untuk menjaga kebersihan selama istirahat. Selain itu juga bisa dengan mengecek bagian sirkulasi udara.

6. Menemani Anak Hingga Tertidur

Kegelisahan anak saat anak rewel merupakan tanda anak ingin diperhatikan lebih. Biasanya ini terjadi menjelang waktu anak tidur. Oleh karena itu, ada baiknya para orang tua menemani anak hingga tertidur pulas. Dengan begitu, anak-anak merasa tidur dengan aman sebab bersama orang tua.

Demikian itu beberapa cara mengatasi anak rewel menurut Islam. Tentunya diharapkan untuk calon orang tua ataupun yang telah menjadi orang tua tidak asal mendidik generasi penerus. Pasalnya, karakter anak juga salah satunya terbentuk dari didikan orang tua, bagaimana orang tua memberikan tanggapan saat anak rewel, menangis dan sebagainya. Semoga beberapa cara tersebut bisa membantu pembaca.

Baca Juga  5 Wabah Penyakit Zaman Nabi Musa Wajib Diketahui Umat Muslim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *