Manfaat Pengobatan Bekam Menurut Islam yang Perlu Dicoba

 Manfaat Pengobatan Bekam Menurut Islam yang Perlu Dicoba

Salah satu metode pengobatan yang ada di Indonesia adalah menggunakan teknik bekam. Apa itu bekam? Bagaimana pengobatan bekam menurut Islam? Teknik bekam adalah pengobatan menggunakan kop yang ditempelkan pada tubuh dan akan menyedot darah kotor. Sejak zaman Nabi Muhammad SAW teknik bekam ini sudah ada, bahkan dianjurkan oleh rasul.

Kulit pada tubuh akan disayat tipis atau ditusuk jarum terlebih dahulu kemudian akan dipasang kop untuk menyedot darah kotor tersebut. Tidak lama kemudian darah kotor akan keluar. Pasien akan sedikit merasakan sakit tetapi setelah selesai bekam, mereka merasakan badan yang segar. Berikut manfaat pengobatan bekam menurut islam:

1. Mengurangi Kelelahan Setelah Bekerja

Melakukan pijat adalah solusi meredakan kelelahan tubuh. Selain itu, islam juga punya solusinya, loh, yaitu menggunakan teknik bekam. Saat menggunakan teknik bekam, saraf-saraf tubuh yang kaku akan dilenturkan sehingga kelelahan akan mereda. Bahkan pada zaman nabi teknik ini juga sudah digunakan untuk hal-hal semacam ini.

2. Mengurangi Racun pada Tubuh

Manfaat pengobatan bekam menurut islam yang kedua yaitu bisa mengurangi dan membuang racun yang ada di tubuh. Sebenarnya racun yang sudah menumpuk di tubuh akan sulit dikeluarkan. Namun, racun-racub tersebut dapat berkurang dengan menggunakan teknik bekam. SHal tersebut diimbangi dengan melakukan pola hidup sehat, seperti menjaga pola makan.

3. Meredakan Pusing dan Demam

Manfaat teknik bekan yang ketiga adalah meredakan demam. Pada pengobatan kali ini, teknik bekam mempunyai persamaan seperti melakukan kerokan karena sama-sama menimbulkan pergerakan sendi. Mikroorganisme parasit yang menimbulkan demam akan ikut keluar bersama darah kotor sehingga akan meredakan gejala pusing dan demam. Namun, pengobatan tersebut harus diikuti pola hidup yang sehat.

Baca Juga  Inilah 6 Tata Cara Ziarah Kubur Sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW

4. Meningkatkan Kekebalan pada Tubuh

Meningkatkan imun adalah manfaat pengobatan bekam menurut islam yang ke empat. Hal ini disebabkan karena darah yang kotor akan keluar sehingga tubuh menjadi semakin sehat dan melancarkan peredarah darah.  Selain meningkatkan imun tubuh, bekam juga bermanfaat untuk memperkuat kerja otak  dan daya ingat.

5. Mengurangi Gejala Jerawat

Sudah tidak diragukan lagi manfaat pengobatan yang satu ini. Menurut penelitian,  bekam juga bermanfaat untuk masalah kulit seperti jerawat. Teknik bekam ini akan mengeluarkan kotoran-kotoran yang menyebabkan timbulnya jerawat dan mengurangi masalah jerawat yang sudah timbul di kulit. Teknik ini InsyaAllah aman dan dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.

6. Dapat Menurunkan Berat Badan

Jika pusing memikirkan cara untuk diet, bekam adalah solusinya dan tentunya juga dianjurkan oleh islam. Jaringan-jaringan yang menyebabkan badan gemuk akan ikut keluar saat proses bekam.  Bekam ini akan membantu proses kelancaran metabolisme. Jika metabolism yang lancar tentunya akan membantu sekali dalam proses penghancuran lemak dalam tubuh.

7. Meredakan Sakit Kepala

Manfaat bekam yang ketujuh adalah meredakan sakit kepala. Salah satu penyebab sakit kepala ada sirkulasi atau peredaran darah tidak lancar. Saat melakukan pengobatan bekam, sirkulasi darah akan mengalir dengan lancar sehingga akan meredakan sakit kepala. Selain itu juga tetap diikuti pola hidup sehat dan istirahat yang cukup.

Itulah beberapa manfaat pengobatan bekam menurut islam yang wajib untuk dicoba. Tentunya pengobatan ini tidak berbahaya dan dianjurkan  oleh islam. Namun, harus tetap hati-hati untuk orang yang mempunyai riwayat penyakit tertentu. Sebelum melakukan teknik pengobatan ini jangan lupa untuk konsultasi terlebih dahulu agar tidak menimbulkan dampak yang tidak baik.

Baca Juga  5 Manfaat Puasa Selasa Kliwon yang Harus Diketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *