Cara Membayar Fidyah Puasa Tahun Lalu Menggunakan Uang

Cara Membayar Fidyah Puasa Tahun Lalu Menggunakan Uang

Puasa tahun lalu harus dibayar dan menjadi keharusan umat muslim yang terhalang puasa disaat bulan Ramadhan . Bagaimana cara membayar Fidyah Puasa tahun lalu menggunakan uang harus diketahui oleh umat muslim agar dapat dilakukan ketika mengalaminya. Puasa harus dibayar oleh umat muslim yang tidak melaksanakan puasa ketika bulan Ramadhan karena berbagai kondisi yang tidak memungkinkan.

Pembayaran puasa harus sesuai dengan jumlah hari seseorang tidak berpuasa di bulan Ramadhan tersebut. Hukum membayar Fidyah adalah wajib dan sudah ditetapkan pada Al Quran yaitu dengan memberi makan orang miskin. Langsung saja simak cara membayar Fidyah Puasa tahun lalu di bawah ini:

1. Menghitung Hari Puasa yang Tertinggal

Pertama-tama seseorang harus menghitung berapa hari tidak mengikuti puasa Ramadan pada saat itu. Biasanya seseorang yang tidak dapat berpuasa pada bulan Ramadhan akan mengetahui jumlah harinya. Seseorang dapat menghitungnya dengan mencatat jumlah hari batalnya puasa pada bulan Ramadhan.

Jika seseorang lupa akan jumlah puasa yang tertinggal pada bulan Ramadhan dapat melebihkannya. Fidyah puasa yang akan dibayarkan tidak boleh kurang sehingga umat muslim bisa melebihkan nya sesuai dengan hari yang diingatnya.

2. Meniatkan Diri untuk Membayar Fidyah

Meniatkan diri untuk membayar Fidyah harus dimiliki seseorang yang ingin membayar puasa pada tahun lalu. Seseorang yang memiliki hari batalnya puasa pada bulan Ramadhan bukanlah kondisi yang diinginkan. Sehingga orang tersebut harus meniatkan untuk membayar Fidyah Puasa. Niat tersebut harus dilakukan secara ikhlas sehingga prosesnya berjalan lancar.

Baca Juga  7 Cara Menyuburkan Kandungan Menurut Islam Lebih Aman dan Halal

Seseorang yang memiliki niat akan dilancarkan dan dimudahkan selama proses berlangsung. Membayar puasa tertinggal dengan fidyah merupakan kewajiban bagi seseorang yang tidak berpuasa pada saat bulan Ramadhan di tahun lalu.

3. Mengunjungi Kantor Baznas Terdekat

Selanjutnya ada cara membayar Fidyah Puasa tahun lalu menggunakan uang yaitu dengan mengunjungi kantor baznas terdekat untuk mendapatkan arahan. Baznas yang akan menyampaikan uang pada orang yang berhak menerima fidyah puasa tahun lalu. Di setiap wilayah tersebar ada kantor baznas yang dapat dikunjungi sesuai dengan keperluan warga.

Baznas memiliki ketentuan terkait jumlah pembayaran Fidyah yaitu sehari Rp50.000. Sehingga hal ini bisa menggantikan puasa Ramadhan yang tertinggal karena suatu kondisi tertentu. Cara ini lebih mudah bagi seseorang yang tidak mengetahui takaran pemberian makan kepada orang miskin.

4. Menyampaikan Maksud Kunjungan

Menyampaikan maksud kunjungan kepada pegawai yang bekerja di baznas akan membantu seseorang dapat membayar puasa tahun lalu dengan uang. Ketika seseorang tersebut menyampaikan maksudnya maka pihak baznas akan membantu untuk merealisasikan sesuai dengan keinginan. Pastikan kunjungan tersebut tidak membuat seseorang merasa sombong yang dapat mengurangi pahala baiknya.

Pihak baznas memiliki banyak koneksi yang terhubung kepada orang miskin sehingga dapat memberikan makan untuk Fidyah puasa seseorang. Umat muslim tidak perlu mencari orang yang berhak menerima pembayaran tersebut.

5. Membayarkan Fidyah Sesuai Ketentuan

Langkah terakhir yang dapat dilakukan umat muslim untuk Fidyah yaitu membayarkan sejumlah uang sesuai ketentuan dari pihak baznas. Pihak baznas akan membacakan doa di hadapan membayar Fidyah tersebut sebagai tanda penerimaan uang fidyah.

Pembayaran telah berhasil dan pihak baznas yang akan membagikan uang tersebut sesuai dengan ketentuan Fidyah menurut Al Quran. Cara ini dapat dilakukan oleh seseorang yang tidak menemukan orang miskin di sekitarnya dan tidak mengetahui jumlah pembagian.

Baca Juga   Manfaat Pengobatan Bekam Menurut Islam yang Perlu Dicoba

Itulah cara membayar Fidyah Puasa tahun lalu menggunakan uang yang dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus ada kesalahan. Membayar Fidyah merupakan kewajiban seorang muslim yang yang terhalang berpuasa di bulan Ramadhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.