Perlu Diketahui, Ini Manfaat Puasa Pati Geni

Perlu Diketahui, Ini Manfaat Puasa Pati Geni

Barangkali istilah puasa pati geni masih terdengar asing di telinga masyarakat pada jaman sekarang ini. Sebabnya, puasa tersebut identik dengan ritual adat kejawen yang pada umumnya dilakukan oleh masyarakat terdahulu. Lalu, apa saja manfaat puasa pati geni tersebut?

1. Terhindar dari Maksiat

Puasa pati geni diambil dari makna pati dan geni. Pati memiliki arti memadamkan, sedangkan geni berati api. Menurut kepercayaan Orang Jawa, api digambarkan sebagai simbol nafsu atau amarah. Dari kedua istilah tersebut didapatkan maksud dari puasa pati geni bertujuan untuk menahan hawa nafsu.

Manfaat puasa pati geni yang utama ialah supaya terhindar dari maksiat. Diharapkan dengan menjalankan puasa ini dapat membentengi diri dari hawa nafsu. Terlebih lagi pada jaman sekarang ini banyak sekali godaan-godaan yang dimungkinkan bisa memicu tindakan maksiat.

2. Meningkatkan Kewibawaan

Melalui tirakat menjalankan puasa pati geni bisa juga untuk meningkatkan kewibawaan. Misalnya, seorang pemimpin ingin terlihat memiliki kharisma yang berwibawa bisa melakukan puasa ini. Adanya kharisma yang berwibawa tersebut diharapkan dapat memikat para anak buah yang dipimpinnya supaya patuh pada perintahnya.

Tidak harus seorang pemimpin, orang biasa pun tidak dilarang melakukan puasa ini. Seperti misalnya untuk mendapatkan aura daya pikat menarik bagi lelaki yang ingin menggaet wanita idamannya. Bahkan, bisa juga dilakukan bagi orang yang berencana akan mengisi kegiatan yang berhubungan dengan orang banyak.

3. Mendapatkan Kelancaran Rezeki

Selain memperoleh manfaat yang berkaitan dengan aura tubuh, puasa pati geni juga bermanfaat untuk melancarkan rezeki. Bagi orang yang merasa sulit mendapatkan rezeki dapat melakukan puasa ini selama 2 hari 2 malam. Tidak hanya menahan untuk tidak makan dan tidak minum, akan tetapi juga harus mampu bertahan dalam cahaya yang minim.

Baca Juga  Mengulik Misteri Segitiga Bermuda Menurut Islam

Perlu diketahui, saat melakukan puasa ini tidak boleh terkena cahaya sama sekali. Dengan demikian, orang yang berpuasa harus berada di tempat gelap. Disamping itu, juga tidak diperbolehkan berbuka pada hari pertama, melainkan berbuka dilakukan pada hari kedua.

4. Dipermudah Mendapatkan Jodoh

Bagi orang yang ingin segera mendapatkan jodoh, bisa melakukan puasa pati geni ini. Memang diperlukan usaha untuk memperoleh seseorang yang dicintai, tidak ada salahnya menjalankan puasa ini selama 2 hari 2 malam. Tidak lupa pula, pelaksanaan puasa ini harus dilakukan tepat pada hari weton.

Hari weton merupakan hari kelahiran pada kalender jawa. Pada umumya hari ini gabungan antara hari biasa dengan hari jawa. Misalnya, seperti senin wage, selasa kliwon, dan sebagainya.

5. Melancarkan Mencapai Keinginan

Dalam menjalani hidup ini tidak akan lepas dari yang namanya hajat atau keinginan yang hendak dicapai. Sudah menjadi hal lumrah, setiap jenjang usia pasti memiliki sebuah keinginan dan harapan. Namun, hal yang pasti dilakukan adalah usaha untuk mendapatkannya.

Banyak sekali keinginan-keinginan, seperti misalnya mendapatkan pekerjaan, sukses menjalankan bisnis, membeli mobil, meraih jabatan tertentu dalam karir, dan masih banyak lagi. Salah satu usaha yang bisa ditempuh adalah melakukan puasa pati geni. Ketika melakukan puasa ini juga perlu diikrarkan keinginan yang ingin dicapai.

Diantaranya hal-hal di atas menjadi manfaat puasa pati geni yang bisa diperoleh. Puasa yang dijalankan selama 2 hari ini pada intinya dimaksudkan untuk menahan hawa nafsu. Akan tetapi, dalam ajaran agama islam tidak ada tuntunan tentang puasa ini. Namun, bagi yang percaya akan manfaat puasa ini boleh saja melakukannya dengan tirakat yang sungguh-sungguh.

Pencarian Popular

puasa patih geni manfat,Pusa mati geni buat usaha,www apa boleh puasa pati geni 2malam
Baca Juga  Adab Berumah Tangga Menurut Islam, Patut Dilakukan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *