Cara Mengatasi Kecemasan Berlebihan Menurut Islam dan Sangat Mudah Dilakukan

Cara Mengatasi Kecemasan Berlebihan Menurut Islam dan Sangat Mudah Dilakukan

Kecemasan merupakan emosi yang dirasakan seseorang ketika mengalami suatu hal yang ditakutinya. Ketika hal ini terjadi seseorang akan bereaksi secara spontan tanpa berpikir panjang. Hal ini sudah dikatakan sebagai kecemasan berlebihan yang harus diatasi segera dengan kesadaran penuh. Ada cara mengatasi kecemasan berlebihan menurut Islam dan sangat mudah dilakukan.

Islam memiliki cara tersendiri agar seseorang dapat mengatasi kecemasan yang dirasakan. Setelah melakukan cara ini kecemasan tersebut akan hilang dan bisa membuat seseorang tenang. Kecemasan hadir karena seseorang sedang menghadapi hal yang tidak ingin terjadi pada dirinya dan insecure kepada orang lain. Langsung saja intip cara mengatasi kecemasan berlebihan menurut Islam yang sangat mudah dilakukan, berikut ini:

1. Mengingat Allah Dengan Berzikir

Hal pertama yang dapat dilakukan oleh seorang muslim yaitu mengingat Allah kemudian berdzikir dengan tenang. Dzikiran yang dapat dilakukan yaitu Asmaul Husna dan juga berbagai dzikiran yang biasa dibaca ketika setelah sholat. Cara ini sangat ampuh ketika seseorang mengalami cemas sehingga pikirannya beralih dan berfokus kepada zikiran.

Selain itu cara ini juga dapat dibilang sangat mudah, yakni mengingat Allah dan melakukan dzikiran hingga hati merasa tenang. Kecemasan adalah hal yang wajar terjadi ketika seseorang sedang dihadapi sesuatu yang tidak diinginkannya.

2. Yakin Adanya Pertolongan Allah

Yakin adanya pertolongan Allah menjadi salah satu kekuatan seseorang ketika menghadapi kecemasan yang melandanya. Berpikir terkait pertolongan dari Allah dapat mengurangi kecemasan seseorang dalam waktu sekejap. Seseorang dapat meminta pertolongan dengan mengucapkan hal yang terjadi sehingga perasaan cemas akan pudar seketika.

Baca Juga  Cara Membayar Fidyah Puasa Tahun Lalu Menggunakan Uang

Meyakinkan diri bukan hal yang sulit dilakukan oleh seorang muslim jika hal tersebut terkait dengan adanya Allah. Kecemasan yang terjadi dapat dihilangkan dengan berpikiran hal lain yaitu meyakinkan hati terkait pertolongan Allah.

3. Selalu Bersyukur Setiap Detiknya

Selanjutnya, cara mengatasi kecemasan berlebihan menurut Islam yang sangat mudah dilakukan oleh seseorang yaitu selalu bersyukur setiap detiknya. Merasakan syukur di setiap detiknya bukan hanya mengatasi kecemasan namun dapat menghindarkan seseorang dari kecemasan tersebut. Lakukan syukur terhadap pencapaian kecil sehingga segala kegiatan tidak akan membuat seseorang menjadi cemas.

Manusia akan terus merasa kurang dalam hidupnya sehingga dapat menanamkan rasa syukur dimulai dari hal kecil. Semakin seseorang bersyukur maka kecemasan tidak akan berani mendatanginya.

4. Membaca Al-Quran

Membaca Alquran sangat ampuh dalam mengatasi kecemasan maupun emosi lain yang mengganggu pikiran seseorang. Kegiatan ini mengalihkan fokus seseorang yang awalnya cemas menjadi fokus terhadap tulisan Arab dan arti di Alquran. Kecemasan terjadi hanya sesaat dan menggagalkan fokus seseorang untuk menghadapinya.

Alquran memiliki banyak surat yang dapat menenangkan hati seseorang orang yang membacanya maupun mendengarnya. Kecemasan tersebut datang mempengaruhi seseorang seperti angin dan akan hilang sendirinya ketika fokus teralihkan.

5. Berdoa Kepada Allah

Langkah terakhir yang dapat dilakukannya adalah berdoa kepada Allah, memohon untuk menghilangkan rasa cemas sehingga seseorang tersebut menjadi tenang. Manusia dapat berdoa apa saja tanpa gunakan syarat apapun ketika sedang cemas. Kecemasan yang terjadi akan pudar ketika seseorang terus berdoa kepada Allah karena hatinya percaya. Berdoa ketika sedang sulit akan mudah dikabulkan oleh Allah termasuk saat sedang merasa cemas.

Itulah cara mengatasi kecemasan berlebihan menurut Islam dan sangat mudah dilakukan. Cara di atas sangat ampuh untuk mengatasi seorang muslim yang sedang cemas untuk kembali tenang. Kecemasan hadir karena fokus tercampur dengan emosi dan dapat dihilangkan dengan mengalihkan fokus ke lain hal.

Baca Juga  Ternyata Hemat dan Sederhana, Inilah 6 Rahasia Awet Muda Menurut Islam

Leave a Reply

Your email address will not be published.