Adab Berumah Tangga Menurut Islam, Patut Dilakukan!

Adab Berumah Tangga Menurut Islam, Patut Dilakukan!

Keluarga harmonis merupakan dambaan setiap pasangan berumah tangga. Setiap pasangan yang telah berumah tangga sebaiknya saling memahami dan menghormati satu sama lain. Hal tersebut dianjurkan agar terhindar dari berbagai pertengkaran maupun kemarahan antar pasangan. Kemudian, Apa saja, sih adab berumah tangga menurut Islam yang patut untuk dicontoh?

Pasangan suami istri yang hidup bersama seringkali memiliki perbedaan pendapat. Tak ayal seringkali muncul berbagai rintangan yang menguji keutuhan rumah tangganya. Hal tersebut dapat terjadi karena faktor dari luar maupun dalam. Perlu adanya bekal ilmu dan sikap bijak dalam menyelesaikan permasalahan rumah tangga. Yuk, simak, adab berumah tangga menurut Islam agar harmonis, sebagai berikut:

1. Memahami Tugas Seorang Suami

Setelah berumah tangga setiap pasangan laki-laki dan perempuan memiliki tugas yang berbeda-beda. Suami yang telah menjadi imam dari makmumnya memiliki tugas utama yaitu mengajarkan dan juga membimbing istrinya agar taat kepada Allah. Seorang suami berkewajiban menafkahi istri baik lahir maupun batin serta tidak melakukan tindak kekerasan.

2. Memahami Tugas Seorang Istri

Sebagai seorang istri yang baik wajib untuk mematuhi setiap perkataan ataupun perintah dari suaminya. Ini merupakan bagian dari adab berumah tangga menurut islam. Seorang istri juga berkewajiban untuk saling mengingatkan suaminya agar tidak melanggar perintah Allah. Namun, sebagai kedua orang tua baik istri maupun suami bertanggung jawab untuk membimbing dan menuntun anak-anaknya agar berada di jalan kebaikan.

Adab seorang istri menurut Islam yang juga wajib untuk dilakukan ataupun dicontoh yaitu tidak keluar rumah tanpa izin suami. Istri yang baik sebaiknya juga tidak mengumbar aib dari suaminya ataupun keluarganya keluar lingkungan masyarakat. Seorang istri juga dianjurkan untuk senantiasa merias diri untuk menyenangkan suaminya.

Baca Juga  Syarat dan Cara Mengaktifkan Adsense YouTube Secara Gampang

3. Tidak Menutup-nutupi Masalah

Menutupi ataupun berbohong kepada pasangan untuk menjaga keharmonisan rumah tangga, apakah tidak boleh? Boleh saja, namun alangkah baiknya jika setiap pasangan yang telah berumah tangga saling terbuka atau pun berbicara terkait apa yang telah dialami. Hal tersebut dilakukan agar kemudian hari tidak terjadi kesalahpahaman yang dapat menyebabkan pertengkaran hebat.

Pasangan pasutri harus saling memahami, menjaga dan menemani pasangannya dalam suka maupun duka. Membangun komunikasi yang baik satu sama lain akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kepercayaan pasangan. Sehingga tidak timbul rasa saling mencurigai yang kemudian akan berujung pertengkaran.

4. Menahan Emosi

Sebagai pasangan suami istri memang sepatutnya untuk saling menahan emosi. Kesampingkan ego yang ada pada diri sendiri agar tidak saling menyakiti antar pasangan. Jika seorang suami sedang berbicara dan marah sebaiknya seorang istri mendengarkan dan diam. Apabila emosi telah mereda maka sampaikanlah informasi yang benar kepada pasangan agar permasalahan dapat diselesaikan. Hal tersebut juga berlaku untuk sebaliknya.

Sebagai orang tua, pasangan suami istri sebaiknya tidak mempertontonkan kemarahan kepada anak-anaknya. Selesaikanlah permasalahan yang ada di dalam kamar agar tidak terdengar maupun dilihat anak-anak. Hal tersebut sangat baik untuk dilakukan agar anak-anak tidak memiliki memori ataupun pengajaran yang buruk yang dilihat dari orang tuanya.

5. Taat Beribadah dan Selalu Bersyukur

Dalam menjalankan setiap rumah tangga pastinya seringkali mengalami berbagai cobaan seperti masalah perekonomian. Sebagai seorang suami memang diwajibkan untuk menafkahi istrinya dengan uang yang halal. Namun bagi seorang istri menerima dan juga mensyukuri nafkah yang telah diberikan oleh suami sangat perlu untuk dilakukan.

Saling mengingatkan untuk melakukan anjuran-anjuran Allah SWT seperti tidak meninggalkan salat, saling mengingatkan satu sama lain dalam hal berbuat kebaikan patut untuk dicontoh. Namun, dalam proses saling mengingatkan dianjurkan untuk tidak berdebat satu sama lain. Beritahulah istri maupun suami secara baik-baik dan juga bijak agar dapat diterima oleh masing-masing pasangan.

Baca Juga  Mudah Tersulut Amarah Berikut Cara Mengendalikan Emosi Menurut Islam

Nah, telah diketahui ada berumah tangga menurut Islam yang patut untuk dicontoh dan dilakukan. Lakukanlah setiap anjuran atau perintah Allah dan jauhilah setiap larangan-Nya. Itulah beberapa wujud cara agar keluarga senantiasa harmonis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.