Kupas Tuntas Kisah Nabi Idris as beserta Hikmahnya

Kupas Tuntas Kisah Nabi Idris as beserta Hikmahnya

Setiap jejak kehidupan para Nabi senantiasa memberikan pelajaran berharga untuk semua. Salah satunya kisah Nabi Idris as. Setiap kisah menyiratkan nasihat penting yang hendaknya diperhatikan dalam berbagai aspek kehidupan. Adapun hikmah yang bisa dipetik dari keteladanan Nabi Idris as. mari simak pada ulasan berikut ini!

Sejarah Tentang Nabi Idris as

Setiap Nabi memiliki kisah yang menyiratkan makna kehidupan yang mendalam. Begitu pun dengan kisah Nabi Idris as yang senantiasa memiliki banyak hikmah yang bisa dipetik. Nabi Idris as merupakan Nabi kedua setelah Nabi Adam as. Jika dilihat dari garis keturunannya, beliau adalah cucu Adam yang keenam.

Allah SWT menurunkan lembaran-lembaran (shahifah) yang isinya berupa petunjuk. Selanjutnya, harus disampaikan kepada semua umatnya. Adapun umat yang dimaksud yaitu keturunan Qabil yang durhaka kepada Allah SWT.  Nabi Idris as merupakan orang pertama yang memiliki kepandaian dalam dunia tulis-menulis. Selain itu, pandai dalam membaca ilmu hitung, ilmu astronomi, perihal jahit-menjahit juga ilmu bagaimana menunggangi kuda.

Kepandaian lainnya yakni pandai dalam memerangi orang yang yang durhaka terhadap Allah SWT. Oleh karena itu, beliau mendapatkan gelar As’adul Usud yang berarti Singa dari segala Singa. Selagi berdakwah, beliau gemar membangun pembangunan kota. Tidak heran, Nabi Idris as. berhasil membangun 188 kota.

Keistimewaan Nabi Idris as

Sama halnya dengan Nabi lainnya, Nabi Idris as memiliki keistimewaan. Sebagai manusia pertama yang bisa membaca dan menulis menggunakan pena, Nabi Idris as. banyak menguasai bidang keilmuan. Berdasar pada kisah Nabi Idris as. beliau meruapakan sosok nabi yang rendah hati dan pemaaf. Adapun keistimewaan yang dimilikinya antara lain sebagai berikut:

  • Mengenalkan tulisan pada zaman
  • Mengenalkan penggunaan kuda sebagai hewan tunggangan
  • Mengenalkan pakaian yang dijahit
  • Mengenalkan musim dengan panduan ilmu astronomi
  • Mengenalkan cara menghitung/ ilmu matematika
  • Nabi idris membangun 188 kota.
Baca Juga  Ternyata Inilah Alasannya! Kenapa Nabi Isa yang Membunuh Dajjal

Hikmah dari Kisah Nabi Idris as

Banyak hikmah besar di balik kisah Nabi Idris untuk umatnya. Hal ini mencakup nasihat, ajaran dan sebagainya. Setiap hikmah yang dipetik, hendaknya bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun hikmah yang bisa dipetik dari kisah ini antara lain sebagai berikut:

1. Kerja Keras

Pelajaran yang harus diambil yakni kerja keras yang dicontohkan oleh Nabi Idris as. Beliau tidak pantang menyerah memerangi keturunan Qabil yang durhaka terhadap Allah SWT. Di tengah kesibukannya berdakwah untuk menyampaikan petunjuk yang Allah SWT berikan, beliau juga tetap semangat melakukan pembangunan kota.

2. Senantiasa Bersyukur kepada Allah SWT

Selain itu, senantiasa bersyukur terhadap nikmat Allah SWT merupakan kenikmatan terbesar dalam hidup. Seberapa banyak pun rasa syukur yang dipanjatkan, tidak akan pernah sepadan dengan kenikmatan yang diberikan.

3. Menghindari Hasad dan Dengki

Setiap orang sudah memiliki rezekinya masing-masing. Namun, tidak dapat dipungkiri, rasa hasad dan dengki ketika melihat orang lain mendapat suatu rezeki menggerogoti jiwa. Inilah yang harus dihindari karena pada dasarnya, sifat hasad dan dengki hanya menimbulkan kerugian pada diri sendiri.

4. Menghindari Sifat Serakah

Meskipun Nabi Idris as memiliki pengetahuan berbagai bidang dalam kehidupan, tidak membuatnya serakah dan sombong. Beliau tetap rendah hati dan senantiasa mengajarkan pada yang lainnya.  Alih-alih bersikap serakah, beliau mengisi kehidupan dengan berbagai kebajikan.

5. Senantiasa Bersabar

Seberapa kerasnya memerangi keturunan Qabil yang durhaka, Nabi Idris as tetap sabar dalam menghadapinya. Pada dasarnya, kesabaran yang dibekali iman kokoh akan mengantarkan pada kemenangan. Maka dari itu, senantiasa bersabar dalam menghadapi berbagai rintangan hidup. Yakini bahwa pertolongan Allah SWT sangatlah dekat.

Baca Juga  Keutamaan Puasa Tgl 10 Rajab yang Sangat Ajaib

Demikianlah ulasan singkat terkait kisah Nabi idris as. Semoga hikmah dari setiap kisahnya menjadi bekal dalam menjalani kehidupan ini. Setiap kisah para Nabi senantiasa memberikan pelajaran yang amat berharga untuk setiap umat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.