Beginilah Cara Menghilangkan Iri Hati Menurut Islam

Beginilah Cara Menghilangkan Iri Hati Menurut Islam

Sebagai manusia biasa, kerap kali dihinggapi sifat iri hati. Padahal, salah satu penyakit hati tersebut akan merugikan diri sendiri. Menghindari iri hati sendiri telah diperingatkan oleh Rasulullah SAW. Menurut sabda Rasul, rasa iri dengki dapat memakan kebaikan. Jika diibaratkan iri hati layaknya api yang menghancurkan kayu bakar. Maka dari itu, perlu cara menghilangkan iri hati menurut islam supaya tidak tergolong orang yang merugi.

Tentu saja sangat rugi jika semua amalan kebaikan yang telah dilakukan, terkikis oleh perbuatan iri. Terlebih lagi apabila rasa iri ini dipupuk dalam hati, maka hidup akan terasa tidak tenang dan banyak menimbulkan mudharat. Lantas, bagaimana cara menghilangkan iri hati menurut islam?

1. Mendirikan Salat

Dalam agama islam, salat ditempatkan sebagai tiang dari agama. Rukun islam yang kedua tersebut dapat menghindarkan dari perbuatan tercela, salah satunya yaitu sifat buruk iri hati. Allah SWT berfirman dalam Surat Al-Ankabut ayat 45, “Sesungguhnya salat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar.”

Pada dasarnya, salat itu akan mendekatkan diri pada Allah SWT. Dengan hati yang selalu merasa dekat dengan Allah, tentu akan berusaha menjauh dari sifat-sifat yang dilarang oleh Allah. Salah satunya yaitu sifat iri hati. Sifat yang tidak seharusnya dipupuk dalam diri ini.

2. Membaca Al-Qur’an

Umat islam dianjurkan untuk membaca Al-Qur’an dan memahami makna terjemahannya. Al-Qur’an itu merupakan petunjuk bagi umat muslim dan membawa rahmat bagi alam semesta. Dalam Al-Quran sendiri telah dijelaskan bahwa kitab suci umat muslim ini merupakan rahmat dan penyembuh bagi orang beriman, sehingga cukup ampuh dalam menghilangkan iri hati.

Baca Juga  Bayi Sulit Tidur? Begini 6 Cara Menidurkan Bayi Menurut Islam

3. Selalu Beristighfar

Beristighfar megharapkan ampunan kepada Allah SWT dapat menghapus dosa-dosa dan penyakit yang ada di dalam hati. Memang sudah lumrahnya manusia dengan mudahnya tergoda untuk berbuat dosa. Maka dari itu, sudah sepantasnya manusia selalu beristighfar untuk menghilangkan rasa iri.

Istighfar sendiri juga dianjurkan oleh Rasulullah. Bahkan menurut Rasul, ketika seseorang berbuat dosa dan beristighfar serta bertaubat, maka dosa tersebut akan dihapus. Namun, apabila dosa terus terpupuk, maka dosa-dosa tersebut akan menggerogoti hati dan menghitamkan hatinya. Oleh karena itu, untuk menghilangkan rasa iri hati, sering-seringlah beristighfar dan menginat Allah.

4. Bersyukur

Bersyukur kepada Allah SWT artinya menerima secara ikhlas atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Sudah seharusnya manusia bersyukur atas pemberian Allah SWT, sebab Allah SWT akan melipat-gandakan nikmat tersebut. Mengapa dengan bersyukur bisa menghilangkan rasa iri hati?

Mensyukuri apa yang telah Allah SWT anugerahkan, tidak akan membuat diri melirik nikmat yang dimiliki orang lain. Seperti istilah melihat rumput tetangga yang lebih hijau tidak akan berlaku jika selalu mensyukuri nikmat Allah SWT. Selain itu, kebahagiaan dan ketenangan batin akan selalu melingkupi hati.

5. Bergaul dengan Orang Sholeh

Cara menghilangkan iri menurut islam juga bisa dilakukan dengan bergaul bersama orang sholeh. Seperti yang telah diketahui, lingkup pertemanan atau pergaulan akan menentukan seperti apa pola pikir dan hati seseorang. Oleh karena itu, dengan berkumpul bersama orang sholeh sekiranya bisa membentuk perilaku dan sifat-sifat yang baik.

Seperti yang sudah diungkapkan di atas, hanya kerugian dan kesia-siaan yang didapatkan dari rasa iri dalam hati. Maka dari itu, umat muslim dianjurkan untuk menghindari sifat buruk ini. Diharapkan dengan memahami cara menghilangkan iri hati menurut islam yang telah dipaparkan di atas bisa menjauhkan diri dari belenggu sifat buruk tersebut.

Baca Juga  Ikuti Urutan Sedekah Menurut Islam Dengan Benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *