cara membuat internet banking mandiri

Ini Cara Membuat Internet Banking Mandiri yang Mudah

Fasilitas transaksi di bank saat ini semakin lengkap dan memudahkan para nasabah. Bank Mandiri kini menyediakan beragam fitur canggih untuk nasabah, contohnya seperti internet banking. Lalu, bagaimana cara membuat internet banking Mandiri? Kali ini akan dibahas apa saja syarat dan prosedur pembuatan internet banking di bank Mandiri.

Syarat yang Dibutuhkan

Pada dasarnya internet banking ialah fitur yang sangat memungkinkan untuk diakses semua nasabah. Tak ada syarat yang rumit untuk menikmati fasilitas ini. Berikut adalah beberapa syarat yang dibutuhkan untuk mendaftar layanan internet banking:

  • Memiliki rekening tabungan di bank Mandiri
  • Memegang kartu ATM (dibutuhkan saat melakukan pendaftaran lewat ATM Mandiri)
  • Memiliki kartu identitas berupa KTP, SIM, maupun paspor (untuk melakukan pendaftaran melalui kantor)

Intinya, untuk bisa menggunakan layanan internet banking nasabah harus sudah memiliki tabungan di bank Mandiri. Identitas diri yang jelas juga dibutuhkan agar proses pembukaan layanan internet banking bisa berjalan lancar. Selanjutnya tinggal pilih cara pendaftaran yang dirasa paling praktis.

Prosedur Pembukaan Layanan

Ada beberapa pilihan cara yang dapat dilakukan agar bisa menikmati kemudahan transaksi melalui internet banking. Selama sudah punya rekening dan ada identitas diri yang jelas, langsung saja buka akses ke layanan ini. Berikut adalah pilihan cara membuat internet banking Mandiri:

1. Melalui Smartphone

Tak perlu bersusah-susah, langsung saja lakukan pembukaan layanan internet banking secara online lewat smartphone. Caranya, unduh dulu aplikasi Mandiri Mobile dan install di perangkat ponsel. Buka aplikasi lalu pilih menu Internet Banking Mandiri. Lalu, pilih menu aktivasi IB Mobile Mandiri.

Baca Juga  Tips Investasi Reksadana untuk Pemula Sebelum Mulai Berinvestasi

Jika proses aktivasi sukses maka nasabah akan langsung menerima SMS notifikasi. SMS tersebut berisikan informasi bahwa layanan internet banking telah aktif dan bisa digunakan untuk bertransaksi. Sangat praktis dan tidak membuang banyak waktu, bukan?

2. Melalui ATM

Pembukaan layanan internet banking ternyata juga dapat dilakukan melalui fasilitas ATM. Prosedurnya juga mudah, nasabah bisa langsung mengunjungi fasilitas ATM Mandiri terdekat kemudian masukkan kartu ATM dan PIN. Langsung pilih menu Transaksi Lainnya dan pilih Pendaftaran e-Banking. Jika sudah masuk, pilih lagi menu Internet Banking.

Setelah memilih menu Internet Banking maka akan muncul halaman konfirmasi. Jika memang ingin membuka layanan ini maka pilih setuju lalu masukkan PIN lagi. Selanjutnya nasabah akan diminta memasukkan PIN untuk internet banking. Biasanya input PIN perlu dilakukan sebanyak dua kali hingga kemudian keluar struk berisi access code dan nomor kartu.

Aktivasi Akun

Perlu diketahui bahwa dua langkah yang dibahas sebelumnya adalah langkah pendaftaran. Jika proses tersebut sudah dilalui maka nasabah belum bisa menggunakan semua fitur internet banking yang tersedia. Perlu dilakukan aktivasi terlebih dahulu dengan cara datang ke kantor cabang terdekat.

Untuk melakukan aktivasi akun agar bisa menikmati semua fitur transaksi internet banking, siapkan kartu identitas dan nomor rekening yang dimiliki. Langsung saja datang ke kantor cabang Mandiri terdekat, ambil antrian, dan menuju ke customer service. Pihak bank akan membantu proses aktivasi serta pembelian m-Token Mandiri yang dapat dipakai bertransaksi.

Itulah pembahasan singkat mengenai cara membuka internet banking Mandiri. Jika layanan internet banking ini sudah diaktivasi maka nasabah bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan. Transaksi lewat bank menjadi lebih mudah dan terasa praktis berkat layanan ini. Bahkan tak harus keluar rumah, beragam jenis transaksi bisa selesai dalam genggaman tangan.

Baca Juga  Cara Investasi Saham BCA Simpel dan Tidaklah Sulit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *