Mengenal Seputar Server Rack, Pengertian Jenis dan Fungsinya (ReviewPlan)
Mengenal Seputar Server Rack, Pengertian Jenis dan Fungsinya (ReviewPlan)

Mengenal Seputar Server Rack, Pengertian, Jenis dan Fungsinya

Server rack adalah merupakan salah satu komponen luar dalam sebuah mesin komputer. Banyak orang belum mengenal nama ini, meskipun sudah sangat sering mendapati barangnya. Karena namanya menggunakan bahasa asing yang cenderung menggambarkan komponen yang rumit.

Dalam sebuah teknologi komputer tersusun dengan komponen software dan hardware yang cukup rumit. Teknologi yang pertama kali muncul pada abad 19 itu dijalankan dengan kode pemrograman yang memfungsikan sejumlah hardware. Komputer akan bekerja setelah mendapat perintah dari kode kode yang disusun.

Meski hari ini telah banyak bermunculan teknologi yang lebih modern dan fungsi yang serupa, tidak menyusutkan pengguna komputer. Basis rangka komputer yang saat ini dipakai banyak orang adalah hasil desain Charles Babbage ketika pertama kali menyusun komputer.

Komputer sejak pertama kali diproduksi sampai saat ini telah mengalami beberapa generasi. yang setiap generasi tersebut ada perubahan dan kemajuan yang ditawarkan. Hal ini membuktikan bahwa teknologi sampai saat ini terus berkembang menjadi lebih modern dan efisien.

Pengertian Jenis dan Fungsi Server Rack

Seseorang yang memahami sebuah fungsi, tentu mempunyai kelebihan tersendiri dibandingkan yang tidak mempunyai. Dengan adanya artikel ini, tentu akan lebih memudahkan pembaca yang budiman dalam memahami komponen ini. Karena artikel ini disusun dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami.

Salah satu komponen keras yang belum begitu dikenal adalah server rack. Komponen ini secara umum merupakan wadah CPU, yang setiap orang pasti mengetahui alat yang satu ini. Tetapi tidak sesederhana itu, komponen ini juga memiliki fungsi yang penting pada saat berjalannya komputer.

Baca Juga  Inilah Cara Memindahkan Lagu dari Youtube ke Play Music, Nikmati Lagu Kesukaan Setiap Saat!

Pengertian

Server rack merupakan struktur yang disusun secara khusus guna mewadahi atau menampung berbagai peralatan teknik. Beberapa alat yang dapat ditampungnya adalah router, saklar, hub dan lain sebagainya. Komponen ini dapat menyimpan berbagai peralatan dalam satu tempat dengan aman. Komponen ini biasa digunakan untuk bisnis dan menyimpan data di lemari komunikasi

Fungsi dan Kegunaan

Komponen ini memiliki sejumlah fungsi dan kegunaan yang cukup penting bagi komputer dan usernya. berikut uraiannya.

  • Komponen ini berfungsi mengatur dengan struktur yang tinggi. Karena di lokasi terkumpul beberapa alat, maka harus bisa mengatur dan mengorganisasi dengan baik agar semua berjalan secara maksimal.
  • Di dalam alat ini ada sebuah alat pendingin yang mempunyai fungsi menjaga segala peralatan yang berada didalamnya
  • Rack server adalah komponen yang terbuat dari logam yang kuat. Sehingga bisa mencegah dari segala bahaya yang bisa menimpa peralatan di dalamnya. Kekuatan itu juga mencegah dari segala benturan yang bisa mengakibatkan kerusakan.

Jenis-Jenis

Rack server mempunyai beberapa jenis yang berbeda, mulai bahan dasar pembuatan, hingga ukurannya. Hal inilah yang dapat mempengaruhi isi, kualitas dari komponen tersebut, berikut uraiannya.

  • Wallmount Rack. Tipe ini memiliki ciri yang cukup sederhana dengan 2 pintu yang melengkapinya. Rack ini biasa digunakan untuk menyimpan segala peralatan networking.
  • Open Rack. Rack jenis ini disusun dengan bahan yang lebih sederhana antara barang yang lainya. Dibanderol dengan harga cukup murah, rack ini mempunyai kelebihan strukturnya lebih tertata rapi dan efisien. Rack ini sangat cocok digunakan di perusahaan yang kecil.
  • Closed Rack. Tipe yang terakhir di artikel ini, terkenal paling kuat daripada jenis dan tipe lainya. Karena tersusun dengan bahan dasar yang kuat, sehingga mampu melindungi peralatan di dalamnya dengan maksimal.
Baca Juga  4 Cara Memindahkan File dari HP ke Flashdisk Tanpa OTG

Sebuah barang yang sederhana, namun terbukti mempunyai fungsi dan jenis yang sangat beragam, inilah server rack.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *