Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Server Racks (globemoving.net)
Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Server Racks (globemoving.net)

Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Server Racks

Server racks merupakan sebuah perangkat yang mana fungsinya adalah untuk meletakkan server-server dan perangkat pendukung lainnya. Manfaat inti dari rack server ini adalah mengefisiensi ruangan serta mempermudah pemeliharaan alat.

Pembahasan Mengenai Server Racks

Tak berbeda dengan sebuah ruangan dalam rumah, ruang yang biasa digunakan untuk menyimpan alat-alat server dan berbagai jaringan komputer (data center) juga butuh tempat yang efektif dan nyaman. Meski masih sama dengan sebutan rak, rack server ini memiliki desain serta fungsi yang berbeda dengan rak pada umumnya.

Spesifikasi Rack Server

Rack server ini memiliki satuan U. 1U artinya 4.45 mm. Jadi, apabila ingin melakukan pembelian produk rack server ini, Anda harus menanyakan ukuran dalam satuan U.

Di dalam rack server telah difasilitasi fan/kipas yang fungsinya adalah untuk mendinginkan perangkat. Selain itu, juga sudah disediakan colokan listrik atau biasa yang disebut (PDU).

Jenis-jenis Server Racks

Rack server ini mempunyai beberapa jenis, yaitu diantaranya seperti di bawah ini:

  1. Open Rack

Kelebihan:

  1. Harga open rack server ini tidak mahal. Dengan budget tipis sebuah perusahaan dapat membeli open rack server ini untuk melindungi perangkat server mereka.
  2. Open rack server ini memungkinkan adanya udara yang mengalir dengan baik, sehingga bisa menanggulangi suhu panas komputer server yang tanpa henti bekerja.
  3. Dengan menggunakan open rack server bisa memudahkan teknisi atau pegawai yang akan mengakses komputer server atau memperbaiki apabila terjadi kesalahan.

Kekurangan:

  1. Menggunakan open rack server ini tidak bisa terjamin aman seterusnya, sebab mungkin saja ada oknum yang tidak bertanggung jawab iseng mengotak-atik server hingga timbul kerusakan atau bahkan pencurian data perusahaan.
  2. Peralatan dan perangkat server yang disimpan dalam open rack server ini cenderung mudah terpapar debu maupun kotoran.
  3. Karena sifatnya yang terbuka, kabel-kabel terhubung pun akan terlihat pula. Hal ini membuat rack server terkesan berantakan. Selain itu, kabel juga rentan akan bahaya jika tidak berhati-hati dalam pemakaiannya.
Baca Juga  Pengguna Hp Waib Tahu! Simak Apa Penyebab HP Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

2. Closed Rack Server

Kelebihan:

  1. Closed rack server ini mempunyai perangkat keamanan yang mencegah adanya kebobolan akses komputer oleh orang asing. Hal ini juga bisa digunakan untuk mencegah kerusakan atau benturan yang tidak sengaja perangkat di dalam rack.
  2. Dibandingkan dengan jenis open rack server yang menyediakan aliran udara, closed rack server ini sudah difasilitasi dengan sistem pendingin di dalamnya. Dengan demikian, kontrol suhu yang dijalankan closed rack server bisa lebih baik.
  3. Tipe closed rack berkemungkinan besar jika kabel tersembunyi, sehingga tidak ada kesan berantakan dan bisa mencegah kabel dari kerusakan.

Kekurangan:

  1. Dengan segala performa yang ditawarkan, bukan hal baru lagi apabila harga closed rack server ini terbilang mahal. Sebab, dalam merancang closed rack ini juga memerlukan beberapa material tambahan.
  2. Closed rack server bisa mempersulit pengelolaan, sebab saat memasang atau mengakses perangkat server, ia justru malah membatasi ruang pergerakan para pekerja.
  3. Untuk memindahkan closed rack server ini dibutuhkan lebih banyak tenaga dan tergolong lebih berat pula.

3. Wallmount Rack Server

Kelebihan:

  1. Dengan pemasangan yang kuat di dinding menjadikan wallmount rack server ini lebih aman dari jangkauan pencurian atau perusakan oleh orang asing.
  2. Meminimalisir tempat karena pemasangan di dinding. Pemakaian tempat menjadi lebih efisien dan bisa untuk tempat perangkat yang lainnya.
  3. Penempatan dengan lokasi yang dekat bisa memudahkan dalam pengelolaan. Misal meletakan perangkat komputer di dekat televisi dinding merupakan pilihan populer untuk perusahaan yang ingin menggunakan Tv saat penayangan iklan.

Kekurangan:

  1. Karena sengaja dirancang khusus agar terpasang stabil di dinding, ukuran wallmount ini terbilang kecil.
  2. Wallmount ini tidak bisa dipasang di sembarang tempat, melainkan harus dengan pertimbangan lokasi yang dekat dengan dengan perangkat yang akan dipasang.
Baca Juga  5 Cara Mengatasi Hp Lupa Pola yang Bisa Dilakukan Sendiri

Dengan kelebihan dan kekurangan tersebut, Anda bisa membuat pertimbangan saat akan membeli server racks. Sekian. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *