5 Hikmah dari Kisah Nabi Luth yang Bisa Menjadi Pelajaran

5 Hikmah dari Kisah Nabi Luth yang Bisa Menjadi Pelajaran

Kisah Nabi Luth dalam menyadarkan Kaum Sodom yang sesat, memang memiliki banyak hikmah dan pelajaran di dalam nya. Berbagai rintangan dan cobaan yang dilalui Nabi Luth, menjadikan hikmah tersendiri dalam kisahnya. Berikut 5 hikmah dari kisah Nabi Luth yang bisa menjadi pelajaran untuk umat muslim:

1. Gigih dan Tidak Gampang Menyerah

Hikmah pertama adalah mengajarkan siapapun untuk gigih dan tidak gampang menyerah. Tidak mudah untuk Nabi Luth, dalam menyadarkan Kaum Sodom yang sangat sesat. Dirinya terus mendapatkan cemoohan dan direndahkan, bahkan diancam oleh Kaum Sodom. Nabi Luth tetap gigih dan tidak menyerah sama sekali, meski mendapat respon yang sangat negatif.

Dirinya tetap mencoba menyadarkan perbuatan Kaum Sodom, yang sangat sesat dan tercela itu. Hikmah dari kisah Nabi Luth ini mengajarkan manusia untuk selalu gigih, serta tidak gampang menyerah. Walaupun mendapatkan banyak cobaan, tetaplah berusaha semaksimal mungkin dan tetap berdoa kepada Allah SWT.

2. Selalu Bersabar Mendapat Cobaan

Nabi Luth selalu bersabar menerima cobaan apapun, terutama saat dirinya direndahkan Kaum Sodom. Tidak pernah Nabi Luth marah, apalagi berniat untuk membalas kelakuan jahat Kaum Sodom. Dirinya hanya bersabar, dan selalu menyerahkan semuanya kepada Allah SWT. Bahkan saat istrinya berkhianat, Nabi Luth tetap bersabar.

Dirinya selalu memberi tahu istrinya dengan baik, meski selalu dikhianati dan dihalangi dalam berdakwah. Manusia harus memiliki kesabaran seperti Nabi Luth, dan menyerahkan semuanya kepada Allah SWT. Jangan sampai ada rasa marah apalagi dendam, jika sudah seperti itu lebih baik diselesaikan secara baik-baik.

Baca Juga  Terbukti Ampuh! 5 Cara Menghilangkan Rasa Takut yang Berlebihan Menurut Islam

3. Jangan Melakukan Hal yang Dilarang Allah SWT

Kaum Sodom melakukan hal yang menjijikkan dan terlarang, yakni menyukai sesama jenis. Tidak cuma itu, Kaum Sodom juga bertindak semaunya seperti judi, seks bebas, hingga meminum minuman keras. Bahkan, Kaum Sodom juga merendahkan Nabi Luth, dan menantang Nabi Luth untuk menurunkan azab.

Atas kelakuan buruk yang Kaum Sodom lakukan, Allah SWT memberikan azab yang sangat pedih. Mata Kaum Sodom dibuat buta, saat mencoba melihat kedatangan malaikat ke rumah Nabi Luth. Allah SWT juga mengguncang tempat Kaum Sodom, serta menghujaninya dengan bebatuan. Tidak ada satu pun Kaum Sodom yang selamat, akibat dari melakukan hal yang dilarang Allah SWT.

4. Percaya bahwa Hukuman Allah SWT Nyata

Kaum Sodom memang tidak percaya dengan perkataan Nabi Luth, hingga menantangnya menurunkan azab. Nabi Luth sudah memperingati berkali-kali, namun Kaum Sodom tidak mendengar bahkan tidak percaya. Tidak cuma Kaum Sodom, bahkan istri Nabi Luth sendiri tidak percaya dengan azab atau hukuman dari Allah SWT.

Akibat kemungkaran kaum sesat itu, Allah SWT akhirnya menunjukkan azab dan hukuman yang sangat dahsyat. Kaum Sodom dihantam gempa, bahkan dihujani bebatuan besar. Allah SWT menghancurkan seluruh Kaum Sodom, hingga tidak ada yang selamat dari siksanya.

5. Selalu Menaati Perintah Allah

Umat muslim selalu diajarkan untuk menaati perintah Allah SWT. Hal tersebut untuk menghindari siksa dari Allah, saat diadili di akhirat kelak. Hal ini seperti hikmah dari kisah Nabi Luth, bahwa siapapun yang melanggar perintah Allah akan mendapat hukuman kelak. Jadi sebagai manusia, sebisa mungkin menaati seluruh perintah Allah SWT. Jangan sampai bernasib sama seperti Kaum Sodom, yang mendapatkan hukuman begitu pedih dan menyiksa.

Baca Juga  Cara Menangkal Tuyul Menurut Islam agar Uang Tidak Dicuri

Pastinya kelima hikmah dari kisah Nabi Luth diatas sangat memotivasi, dan memberi pelajaran untuk selalu berbuat baik. Intinya selalu ikuti kebenaran, dan jangan sampai terjerumus ke hal yang dilarang oleh Allah SWT.  Petiklah pelajaran dari kisah Nabi Luth agar lebih taat pada perintah-Nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *