Inilah 5 Kisah Taubat Sahabat Nabi yang Bisa Menjadi Tauladan

Inilah 5 Kisah Taubat Sahabat Nabi yang Bisa Menjadi Tauladan

Semua orang pernah membuat kesalahan bahkan sahabat nabi yang termasuk orang mulia juga pernah melakukan kesalahan. Para sahabat nabi yang langsung menyadari kesalahannya langsung memohon ampun kepada Allah SWT dengan gigih. Bahkan, kisah taubat sahabat nabi telah terdapat pada beberapa Wahyu Allah sebagai bentuk pengampunan. Berikut ini adalah penjelasan beberapa kisah-kisah taubat para sahabat nabi yaitu:

1. Ka’ab Bin Malik

Saat perang sedang berlangsung, Ka’ab Bin Malik membantu Rasulullah dengan mengikuti berbagai peperangan kecuali perang badar. Tibalah masa perang tabuk namun Ka’ab tidak dapat mengikuti kalau lalai menyiapkan perlengkapan perang. Akibatnya Ka’ab dihukum tanpa ada yang mau berbicara dengannya dan diminta menjauhi istrinya.

Sampai akhirnya setelah sholat fajar turun wahyu dari Allah SWT sebagai penyelesaian dari kisah taubat sahabat nabi Ka’ab Bin Malik. Rasulullah membacakan surat taubah yang merupakan Wahyu yang turun atas kesungguhan taubat Ka’ab. Ujian untuk tidak pindah ke dalam Nasrani dapat dilewati dengan baik oleh Ka’ab.

2. Tsa’labah Bin Abdurrahman

Sungguh mulai kisah taubat sahabat nabi Tsa’labah Bin Abdurrahman yang sampai akhir hayatnya para malaikat datang saat pemakamannya. Tsa’labah merasa berdosa karena tidak sengaja melihat seorang perempuan yang berada di kamar mandi karena pintu rumah terbuka saat Tsa’labah melewatinya.

Merasa itu pandangan yang menimbulkan dosa, Tsa’labah langsung menundukkan pandangan bahkan tidak mau menemui Rasulullah. Waktu dihabiskan Tsa’labah untuk berada di gunung memohon ampun atas dosanya dan turun hanya untuk meminum susu pengembala. Pada akhirnya Tsa’labah dibawa menemui Rasulullah setelah dicari ke seluruh pelosok kota. Turun Wahyu yang menunjukkan bahwa dosa Tsa’labah telah diampuni oleh Allah SWT.

Baca Juga  Teladan dari Abdurrahman bin Auf, Kisah Sahabat Nabi yang Miskin Jadi Kaya

3. Abu Huraira ra

Kisah taubat sahabat nabi dimulai ketika Abu Huraira ra. mengatakan jika tidak ada kesempatan untuk bertobat saat seorang perempuan datang mengadu. Perempuan itu telah melakukan perbuatan zina yang termasuk dosa besar dan langsung membunuh bayi hasil perzinaan. Abu Hurairah ra. langsung menanyakan apa yang dialaminya pada Rasulullah. Jawaban Rasulullah yang diterima Abu Huraira ra. menunjukkan jika jawabannya pada perempuan yang mengadu salah.

Dengan tekad Abu Huraira ra. mencari wanita itu sampai dikatakan gila oleh beberapa orang. Berada di tempat pertemuan pertama kali dengan perempuan itu akhirnya perempuan itu ditemukan. Raut senang memancar di wajah perempuan itu setelah mendengar jawaban Abu Huraira ra. bila masih terdapat kesempatan untuk bertaubat. Kebun milik perempuan itu disederhanakan untuk menebus dosanya.

4. Abu Sufyan Bin Harits

Pada awalnya jauh sebelum memeluk agama Islam, Abu Sufyan Bin Harits suka sekali mencemooh Rasulullah. Sampai pada akhirnya memutuskan untuk bertaubat. Perjuangan Abu Sufyan untuk menyatakan keislamannya sangat panjang, semua orang muslim memalingkan wajah darinya. Saat perang Abu Sufyan terus berada di sisi Rasulullah melindungi dari musuh-musuh. Nabi Muhammad SAW akhirnya mengakui Abu Sufyan sebagai saudaranya dan menjadikan teladan karena bersungguh-sungguh dengan tobat yang dilakukan Abu Sufyan.

5. Umar Bin Khattab

Dulu pernah ingin membunuh Rasulullah bahkan saat adik dan iparnya berpindah agama, Umar sangat marah. Dipukulinya ipar dan ditampar Fatimah sampai berdarah. Penyesalan yang menghinggapi hati Umar membuatnya ingin membaca Al Qur’an. Hati umar tergugah untuk masuk Islam setelah membaca ayat Al Qur’an dan pergi menemuinya Rasulullah untuk menyatakan keislamannya.

Itulah beberapa kisah taubat sahabat nabi yang bisa dijadikan teladan oleh masyarakat. Kegigihan sahabat nabi dalam bertaubat menunjukkan bahwa setiap orang memiliki kesempatan untuk bertaubat dari dosa-dosanya asalkan dilakukan dengan bersungguh-sungguh. Allah SWT adalah dzat yang maha pengampun oleh karena itu minta ampun pada Allah SWT kalau melakukan dosa. Sebaik-baik orang yang melakukan kesalahan yang paling baik orang yang mau memperbaiki kesalahan.

Baca Juga  Bayi Sulit Tidur? Begini 6 Cara Menidurkan Bayi Menurut Islam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *