6 Cara Agar Mulut Tidak Bau Saat Puasa yang Bisa Dilakukan

6 Cara Agar Mulut Tidak Bau Saat Puasa yang Bisa Dilakukan

Ada banyak cara agar mulut tidak bau saat puasa yang mudah dilakukan. Aroma tak sedap di balik bibir diakibatkan oleh banyak kuman yang memproduksi senyawa sulfida maupun asam lambung yang naik sampai ke kerongkongan. Zat beraroma tidak sedap yang dihasilkan kuman tersebut dipicu oleh mulut yang kering waktu berpuasa. Trik-trik mumpuni untuk mengenyahkan aroma busuk mulut dapat disimak sebagai berikut:

1. Kumur dengan Cairan Pembersih Mulut

Cara agar mulut tidak bau saat puasa dapat disiasati dengan mengurangi banyak kuman pada mulut. Bila umat yang menunaikan ibadah puasa bergurah memakai pembersih mulut, kuman di balik bibir akan keluar atau mati. Jika dilakukan secara rutin bergurah dengan obat kumur dapat menghilangkan aroma tak sedap waktu puasa. Aroma busuk mulut juga bisa disebabkan karena tubuh sedang tidak sehat. Dalam hal ini bergurah juga menjadi jawaban untuk mengenyahkan aroma busuk.

2. Menggosok Gigi

Sebaiknya umat menggosok giginya sesudah melakukan buka puasa dan makan sahur. Cara menggosok gigi hendaknya mencapai semua bagian dalam mulut dan jangan lupakan sikat antara gigi untuk melenyapkan santapan yang tertinggal. Santapan yang tertinggal jika tidak dikeluarkan akan menjadi sarang bagi kuman guna beranak pinak. Bila perlu umat bisa juga menggosok gigi pada tengah hari atau senja hari tanpa pasta gigi, bila tidak ingin puasa terganggu.

 3. Membuat Bersih Lidah

Membersihkan lidah adalah salah satu cara agar mulut tidak bau saat puasa. Lidah yang terpapar rasa hidangan seperti rasa manis dapat menjadi tempat berkembang biak bakteri. Lidah kotor bisa menyebabkan aroma busuk mulut. Umat dapat membuat bersih lidah dengan alat penyikat atau pembersih lidah yang sudah umum dijual di apotik atau toko yang menjual obat.

Baca Juga  Inilah Rahasia Kedahsyatan Puasa Senin Kamis Baik Untuk Kesehatan

4. Merawat Kesehatan Gusi

Aroma busuk di balik bibir juga bisa dihasilkan oleh kesehatan gusi yang buruk. Gusi bengkak apalagi bernanah jadi tempat berkumpulnya kuman. Untuk mengatasi aroma busuk mulut yang disebabkan oleh gusi bengkak dapat dilakukan dengan mendatangi dokter gigi. Umumnya ini adalah gingivitis atau gusi merah dan bengkak atau periodontitis alias infeksi gusi

5. Minum Jus Buah dan Air Putih

Nanas bisa dijadikan minuman atau jus yang diklaim memiliki senyawa bromelain. Bahkan, buah ini juga bisa dijadikan cara agar mulut tidak beraroma busuk waktu berpuasa. Nanas dikatakan mempunyai zat yang mencegah radang, senyawa bromelainnya bisa mencegah infeksi dan menaikkan daya tahan tubuh.

Jus jeruk juga baik dikonsumsi saat berbuka karena kandungan Vitamin C menambah keberadaan liur sehingga mengurangi aroma busuk mulut. Jaga asupan air saat mulai buka puasa maupun saat sahur. Konsumsi air secukupnya akan menjamin cukup air liur sampai mengurangi kuman yang ada di balik bibir.

6. Memakai Cuka Apel atau Baking Soda

Cara agar mulut tidak bau saat puasa bila tidak ada pembersih mulut untuk bergurah, pakailah cuka apel atau baking soda (soda kue/ natrium bikarbonat). Soda kue mampu membinasakan kuman di mulut, sementara itu cuka apel punya senyawa asam asetat yang juga menghambat tumbuhnya bakteri. Cara memakai ialah mencampur 2 sendok makan cuka apel atau soda kue pada setengah gelas air hangat. Lakukan gurah selama setengah menit lalu gurah lagi dengan air putih.

Demilikanlah enam cara agar mulut tidak bau saat puasa. Satu hal lagi yang sebenarnya bisa umat lakukan yaitu tidak mengkonsumsi makanan yang menyebabkan aroma busuk mulut seperti petai atau jengkol. Kemudian lakukan lima hal di atas, maka mulut pun akan bersih dan tidak akan mengeluarkan aroma tidak sedap saat berpuasa.

Baca Juga  Inilah Cara Mendapat Syafaat Nabi Muhammad yang Dapat Menolong di Hari Akhir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *