Terbukti Ampuh! 5 Cara Menghilangkan Rasa Takut yang Berlebihan Menurut Islam

Terbukti Ampuh! 5 Cara Menghilangkan Rasa Takut yang Berlebihan Menurut Islam

Sebagai manusia biasa, terkadang rasa takut sering sekali timbul dan muncul didalam hati seseorang. Istilah rasa takut yang berlebihan juga disebut dengan fobia, dimana seseorang mengalami kondisi tertentu yang membuatnya takut pada suatu objek. Bagaimanakah cara menghilangkan rasa takut yang berlebihan menurut islam?

Manusia merupakan seorang khalifah dimuka bumi yang bertugas untuk memelihara dan memakmurkan kehidupan di alamnya. Tugas tersebut adalah hal yang harus dikerjakan, namun terkadang dalam kesehariannya muncul rasa takut berlebih akan banyak hal. Berikut ini cara yang dapat dilakukan jika tersebut terjadi, yaitu:

1. Mengingat Allah SWT

Manusia sebagai makhluk ciptaan allah swt, yang selalu merasa kurang dan tak bersyukur menimbulkan penyakit hati. Hal ini memungkinkan manusia selalu merasa takut akan gagal, miskin, celaka, dan sebagainya. Membuat manusia selalu diiringi oleh berbagai rasa takut setiap harinya, bahkan terkadang takut tanpa alasan yang jelas.

Keadaan dan kondisi tersebut dapat diobati dengan selalu mengingat allah swt. Perbanyak mengingat allah dengan banyak membacakan tasbih, tahmid dan tahlil, dengan begitu rasa takut yang ada akan hilang. Mengingat allah tak hanya melalui mulut tapi juga dengan hati, maka kelapangan dada pun akan dirasakan.

2. Berwudhu

Mensucikan diri dengan berwudhu juga dapat menghilangkan rasa takut berlebih yang sering muncul. Wudhu adalah perbuatan membersihkan diri menggunakan air untuk membasuh wajah. Ketika berwudhu sebelumnya pastikan dulu untuk membaca niat dan doa agar menjadi sah wudhunya. Banyak orang yang terkadang melupakan adab dalam berwudhu sehingga membuat batalnya shalat.

Baca Juga  Mengenal 10 Perintah Allah Kepada Nabi Musa dalam Kehidupan Manusia

Saat ketakutan tiba-tiba datang, maka menyegerakan dengan berwudhu merupakan cara yang paling cepat untuk mengalihkan rasa takut. Ketenangan saat diri sudah tersucikan tersebut hadir berkat niat dan kesungguhan yang diminta saat melakukannya, sehingga menimbulkan kenyamanan dalam hati.

3. Mendirikan Shalat

Timbulnya rasa takut dan gelisah ? Cobalah untuk mendirikan shalat sebagai cara menghilangkan rasa takut yang berlebihan menurut islam. Bentuk dari wujud komunikasi di antara seorang hamba dan tuhannya, dengan mengerjakan shalat maka akan terlindungi seorang hamba dari hal yang buruk.

Shalat memiliki banyak manfaat selain untuk menghilangkan rasa takut juga sebagai tiang agama. Rasa takut yang muncul disebabkan juga oleh setan yang masuk kedalam darah manusia. Oleh sebab itu, orang-orang yang mengerjakan shalat wajib serta sunah akan allah lindungi dari berbagai tipu daya setan.

4. Membaca Doa

Berdoa adalah salah satu cara menghilangkan rasa takut yang berlebihan menurut islam. Permohonan atau permintaan yang dibuat seorang hamba kepada pencipta-Nya dengan penuh rasa rendah diri. Hendaknya berdoa dan meminta agar dimudahkan segala urusan hingga merasakan ketentraman dalam hati.

Mulailah doa dengan niat yang tulus untuk mengharapkan ridha dan ketenangan jiwa. Hal yang harus diperhatikan ketika berdoa yaitu, adanya etika dan adab yang baik karena doa merupakan ibadah. Hal ini tentu sangat penting karena merupakan suatu bentuk komunikasi seorang hamba dengan sang penciptanya.

5. Zikir

Bagi seseorang yang menganut agama islam pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya zikir. Berasal dari kata dzakara-yadzkuru, zikir dapat menghilangkan segala rasa takut yang masuk kedalam hati. Termasuk kedalam sebuah aktivitas ibadah seorang umat muslim yang dapat diucapkan secara berulang-ulang.

Baca Juga  Ternyata Hemat dan Sederhana, Inilah 6 Rahasia Awet Muda Menurut Islam

Ketika sedang takut akan suatu hal cobalah untuk membacakan puji-pujian bagi Allah SWT. Membacakan zikir juga dapat mengingatkan manusia akan kehidupan yang tak kekal. Jadi, manusia akan lebih mendekatkan diri dan sadar akan kehidupan setelah kematian itu memang benar adanya.

Itulah cara menghilangkan rasa takut yang berlebihan menurut islam. Masih terdapat banyak cara yang dapat dilakukan sebenarnya, namun cara yang telah dijelaskan adalah salah satunya. Pengendalian diri yang paling baik untuk menghalau rasa takut yaitu hanya dengan berserah diri dan menerima setiap ketetapan yang telah ditentukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *