cara meningkatkan daya ingat otak menurut islam

6 Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak Menurut Islam yang Harus Dicoba

Ingatan adalah suatu hal yang krusial dalam diri manusia di kehidupan sehari-harinya. Tanpa ingatan manusia akan susah beraktifitas dan bahkan kehilangan jati diri. Dalam beberapa buku dijelaskan beberapa metode sederhana untuk mempertajam kinerja otak secara singkat. Berkaitan dengan islam dalam islam juga terdapat beberapa cara meningkatkan daya ingat otak menurut islam yang bersumber langsung dari sejarah peradaban islam. Kurang Lebih ada 6 berikut penjelasannya:

1. Senantiasa Berdzikir dan Berdoa

Sebagai umat muslim apapun yang akan dilakukan wajib hukumnya untuk mengingat Allah. Bisa dengan kalimat thoyibah ataupun menyebut nama-nama Allah Yaa Allah Yaa ‘Ilmun Yaa Karim. Jangan menjadi manusia yang sombong karena tidak mau berdoa dan memohon kepada-Nya.

Hal ini dikarenakan sehebat apapun otak dan sepintar apapun cara kerja otak manusia. Jika Allah menghendaki lupa maka lupa segalanya. Sebelum belajar apapun itu apalagi menghafal jangan lupa berdoa. Ucapkan allahuma alhimni rusdi wa a’idni min syari nafsi agar diberi kemudahan dalam berfikir.

2. Beristirahat yang Cukup

Dalam beberapa bacaan disebutkan bahwa tidur adalah cara meningkatkan daya ingat otak menurut islam terbaik yang bisa dilakukan bahkan berlaku umum. Kinerja otak akan lebih optimal dan proses menghafal dan mengingat menjadi lancar jika tubuh cukup beristirahat. Seorang muslim bahkan dianjurkan oleh Nabi untuk tidur sedini mungkin dan bangun sepagi mungkin.

Tidur disini bisa setelah shalat isya dan bangun sebelum subuh. Bahkan, waktu yang afdol untuk belajar adalah di sepertiga malam terakhir. Saat itu udara masih sangat jernih, suasana tenang dan kondisi otak juga masih fresh habis bangun tidur. Menurut kesehatan juga mengatur jam tidur itu penting, setiap harinya harus minimal 8 jam tidur agar badan lebih segar.

Baca Juga  Apa Saja Syukuran Kelahiran Bayi Menurut Islam_

3. Mengkonsumsi Madu dan Kismis Secara Rutin

Salah satu makanan yang disunnahkan dalam islam adalah madu. Zat yang terkandung dalam madu sangat banyak dan bermanfaat juga untuk menyehatkan tubuh. Kaitannya dengan kinerja otak madu juga sangat berperan baik sampai penyair juga mengakuinya. Harus memakan madu katanya karena akan mudah mengingat kenangan. Perpaduan manfaat madu asli dan kismis adalah hal yang baik saat dan sebelum belajar. Sebelum memulai minum madu saat belajar ngemil kismis.

4. Melaksanakan Sholat Tepat Waktu

Waktu berkomunikasi dengan Allah paling dekat adalah ketika saat sujud dalam sholat. Adapun cara berdoa yang paling cepat didengar doanya adalah saat sholat. Bukan hanya esensi sujud saja yang istimewa semua gerakan sholat juga istimewa. Mulai dari takbir sampai salam gerakan sholat sangat baik untuk kesehatan.

Terutama pada saat gerakan ruku dan sujud. Pada kedua gerakan tersebut akan merangsang cara kerja otak. Kedua gerakan tersebut membuat aliran darah ke otak menjadi lancar. Saat kedua gerakan tersebut disunnahkan untuk diperlama waktunya.

5. Menjalankan Sunnah

Sunnah yang bisa meningkatkan cara kerja otak salah satunya adalah bersiwak dan bekam. Pernah dijelaskan dalam suatu riwayat dahulu katanya saat pengikut Nabi sulit mengucapkan doa nabi menyuruhnya untuk bersiwak. Setelah itu, apa-apa yang akan diucapkan menjadi mudah.

Bekam sendiri adalah teknik pengobatan yang pernah dilakukan Nabi beserta pengikutnya. Manfaatnya membuat aliran darah menjadi lancar. Kaitannya dengan kinerja otak tentu saja jika aliran darah lancar maka oksigen juga lancar dan otak jadi kerja optimal.

6. Mencoba Menghafal Qur’an

Kegiatan menghafal tentu saja akan meningkatan daya ingat seseorang. Apalagi yang dihafal adalah Al Quran karena itu bisa dinilai ibadah di samping juga meningkatkan daya ingat otak. Hampir semua penghafal Qur’an mempunyai kemampuan daya ingat yang tinggi karena diharuskan selalu untuk bermurajaah. Hal mudah yang bisa dicontoh dari hafidz adalah membaca Qur’an waktu magrib dan subuh. Itu berlaku saat membaca apapun karena kedua waktu tersebut adalah waktu terbaik untuk menghafal.

Baca Juga  Ternyata Hemat dan Sederhana, Inilah 6 Rahasia Awet Muda Menurut Islam

Itulah ulasan tentang 6 cara meningkatkan daya ingat otak menurut islam yang bisa dicoba. Semua orang bisa pandai dan mudah mengingat jika cara tersebut dilakukan dengan rutin. Dengan beberapa cara di atas kemungkinan menghafal akan lebih mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *