Bayi Sulit Tidur Begini 6 Cara Menidurkan Bayi Menurut Islam

Bayi Sulit Tidur? Begini 6 Cara Menidurkan Bayi Menurut Islam

Segala urusan telah diatur dalam agama Islam. Pedomannya telah disampaikan kepada Rasulullah SAW dalam bentuk kitab suci umat Islam yaitu Al Quran. Contoh perkara yang tertera dalam Al Quran adalah merawat dan menidurkan bayi. Cara menidurkan bayi menurut Islam perlu diketahui, khususnya bagi orang tua muda yang baru kali pertama dianugerahi buah hati oleh Allah. Berdasarkan tata cara Islam, inilah hal yang perlu diperhatikan dalam menidurkan bayi:

1. Berwudhu Sebelum Menidurkan

Lakukan wudhu sebelum mengajak bayi untuk tidur. Hampir semua umat Islam pernah mendengar bahwa kebersihan adalah bagian dari keimanan. Pernyataan ini bukan tanpa alasan, karena setan beserta jin menyukai tempat ataupun makhluk hidup yang kotor dan tidak terawat. Sudah bukan rahasia bahwa jiwa bayi yang masih suci menjadi salah satu yang sering mengalami gangguan dari dua makhluk halus tersebut.

Melalui wudhu, tubuh dan hati bisa lebih segar sehingga dijauhkan dari gangguan makhluk halus. Cara ini pun bisa diterapkan pada bayi dengan menjaga kebersihannya. Tidak hanya dari sisi agama namun juga kesehatannya agar tidak mudah terserang penyakit.

2. Membacakan Doa

Bacakanlah doa di telinga bayi atau sambil menunjukkan wajah sehingga bayi dapat melihat gerak bibir orang tua dan diingat dalam otaknya. Doa merupakan hal yang terdengar mudah dilakukan, namun manfaatnya sama sekali tidak sepele. Cara menidurkan bayi menurut Islam tidak lepas dari berdoa. Melalui doa, seseorang berkomunikasi dari hati ke hati dengan sang pencipta, termasuk memohon perlindungan pada bayinya dari marabahaya. Dengan begitu, bayi bisa lebih familiar dengan doa sebelum tidur dan menjadi kebiasaan.

Baca Juga  Pria Wajib Tahu! Cara Mengamalkan Doa Nabi Sulaiman Menundukan Wanita Supaya Dikabulkan

3. Memperdengarkan Shalawat Nabi atau Murottal Quran

Putarlah shalawat Nabi atau lantunan Quran di dekat bayi saat malam hari. Nada yang halus dan syahdu dari bacaan tersebut dapat membantu bayi lebih tenang hingga tertidur. Kebiasaan ini dapat membuat bayi familiar dengan suara lantunan ayat suci dan terhindar dari gangguan setan maupun jin. Hal ini juga memicu kemampuan otak bayi dalam mengenal, menyerap, hingga menghafal bacaan Al Quran di kemudian hari.

4. Memberikan Cukup ASI

Pastikan ASI bayi sudah terpenuhi sebelum tidur. Anugerah dalam menjadi seorang Ibu adalah dapat memberikan ASI bagi anaknya. Islam memerintahkan untuk memberi ASI eksklusif selama dua tahun untuk bayi. ASI juga berperan dalam proses menidurkan bayi, karena jumlah ASI yang cukup dapat membantu bayi mudah tertidur karena tidak lagi lapar.

5. Mengisahkan Dongeng Nabi

Ceritakanlah dongeng Nabi kepada bayi. Nabi memiliki sederet kisah yang layak menjadi teladan bagi segala usia. Kisah Nabi dapat menenangkan hati dan ada sikap teladan yang bisa dicontoh dalam menjaga hubungan baik dengan Allah dan makhluk ciptaanNya. Cara menidurkan bayi menurut Islam bisa dilakukan melalui dongeng, karena dapat memicu perkembangan otak bayi melalui stimulus berupa suara dan ekspresi emosi yang ditunjukkan penceritanya.

6. Membacakan Al Quran

Bacalah Al Quran di dekat bayi menjelang waktu tidur. Beberapa alasan bayi rewel sebelum dan saat tidur bisa dikarenakan gangguan dari jin atau setan. Jiwa murninya menyebabkan makhluk halus tertarik untuk mendatanginya. Dengan membacakan Al Quran, bayi bisa lebih akrab dengan suara lantunan ayat suci dan dihindarkan dari makhluk halus yang mengganggu. Nada dan nyanyian Quran dapat memberi efek tenang pada bayi dan membuatnya lebih santai menjelang tidur.

Baca Juga  Keutamaan Puasa Tgl 10 Rajab yang Sangat Ajaib

Itulah tata cara menidurkan bayi menurut Islam. Islam bermaksud untuk melindungi umatnya dari segala bentuk gangguan setan karena bisa mendatangkan kesulitan dan kesengsaraan dunia akhirat. Oleh karena itu, sudah sepatutnya umat Islam berpedoman pada Al Quran hidup yang membantu mengarahkannya dalam bersikap dan berperilaku di masa hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *