Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[LENGKAP] Cara Membuat Judul Skripsi yang Baik dan Benar

Cara Membuat Judul Skripsi yang Baik dan Benar


Pada kesempatan kali ini judulskripsi.com akan mengulas tuntas cara membuat judul skripsi yang baik dan benar, jika kalian masih atau sedang menghadapi skripsi kemungkinan artikel ini sangat cocok untuk kalian.

Sebelum memulai mengerjakan skripsi tahap pertama yang harus di lakukan adalah kalian harus bisa membuat tema atau judul penelitian, judul penelitian skripsi akan sangat berperan penting dalam kelancaran mahasiswa untuk menyelesaikan tugas akhir perkuliahan atau skripsi. Menurut Drs. Mardalis, dalam bukunya yang berjudul “Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal” ,dalam memilih dan menetapkan judul harus memperhatikan hal-hal berikut: 

  1. Judul sebaiknya yang menarik minat peneliti. Menarik dan dapat membangkitkan minat si peneliti merupakan sesuatu yang dapat mendorong dan membangkitkan semangat kerja dalam setiap langkah penelitian. 
  2. Judul yang dipilih mampu untuk dilaksanakan peneliti. Mampu di sini dimaksudkan dapat melakukan penelitian dan cukup waktu yang tersedia untuk melakukan penelitian tersebut dengan didukung oleh dana yang telah diperhitungkan untuk biaya penyelesaian penelitian dengan judul yang dipilih. 
  3. Judul hendaknya mengandung kegunaan praktis dan penting untuk diteliti. Peneliti sudah bekerja bersusah payah, hendaknya hasilnya berguna untuk diri sendiri, masyarakat dan ilmu pengetahuan. Sehingga,dengan judul yang dipilih ada manfaatnya. 
  4. Judul yang dipilih hendaknya cukup data yang tersedia. Data di sini dimaksudkan pula data sekunder dari kepustakaan yang ada untuk memperoleh teori dan konsep-konsep yang kelak digunakan pula untuk menyusun hipotesa penelitian. 
  5. Hindari terjadinya duplikasi judul dengan judul lain. Jika terdapat dua judul yang sama, orang sering mengatakan salah satunya tiruan atau plagiat. 

Sedangkan menurut, Dr.Juliansyah Noor dalam bukunya yang berjudul “Metodologi Penelitian”, beberapa syarat agar judul penelitian dapat disebut baik antara lain : 

  1. Menyebutkan variabel penelitian. Variabel penelitian merupakan masalah utama penelitian. 
  2. Menyebutkan unit analisis penelitian. Yang dimaksud dengan unit analisis penelitian yaitu organisasi, kelompok orang, kejadian, atau hal-hal yang dijadikan objek penelitian. 
  3. Menyebutkan lokasi penelitian 
  4. Disusun sesingkat mungkin. 

Berdasarkan pendapat Dr.Juliansyah Noor, dapat disimpulkan bahwa dalam judul harus mencakup hal-hal berikut : 

  1. Menunjukkan sifat atau jenis penelitian.
  2. Menunjukkan variabel utama yang merupakan objek penelitian.
  3. Menunjukkan variabel yang menjadi faktor pengaruh variabel utama. 
  4. Menunjukkan pada subjek penelitian atau unit analisisnya. 
  5. Menunjukkan lokasi penelitian. 

Judul skripsi dapat diperoleh dari manapun, meskipun demikian penentuan terakhir adalah terletak pada pelaku penelitian sendiri. Oleh karena itu sebelum judul ditemukan, maka harus terlebih dahulu menanyakan beberapa hal berikut kepada dirinya sendiri, yaitu : 

  Apakah judul tersebut dapat dikuasainya?

  Apakah bahan-bahan/ data-data tersedia secukupnya? 

  Apakah judul tersebut penting untuk diteliti? 

  Apakah judul tersebut cukup menarik minat untuk diteliti dan dikajikan? 

Judul skripsi setidaknya memperhatikan dua hal, yaitu kesesuaian judul dengan isi penelitian dan pemilihan kata-kata dalam judul. Lalu apakah yang dimaksud dengan kesesuaian judul dengan isi penelitian? Kesesuaian isi dengan judul maksudnya, kemampuan memelihara agar tulisan skripsi/laporan penelitian tetap berada pada menyimpang dari judul atau judul beda koridor judul. Jadi, jangan sampai isi dengan isi. Sedangkan yang dimaksud dengan Pemilihan kata-kata dalam judul artinya,judul harus ilmiah, logis, dan menggunakan bahasa Indonesia yang benar. Judul dalam karya ilmiah, cukup satu kalimat saja. Biasanya merupakan sebuah kalimat positif, jarang sekali menggunakan kalimat tanya atau negatif, meskipun ini sah-sah saja. Persoalannya, dalam banyak buku metode penelitian, dikatakan seperti itu. Judul harus singkat, padat dan jelas. Judul yang bertele-tele, selain membingungkan pembaca, juga mengundang pertanyaan bagi dosen penguji skripsi. Bisa dua jam lebih anda diuji, dimana satu jamnya hanya berputar-putar di halaman judul saja tidak kunjung bergerak ke dalam isi. Namun disisi lain, untuk mendapatkan judul sebuah penelitian haruslah ada permasalahanpermasalahan yang sesuai dengan bidang yang akan diteliti tersebut. Untuk itu perlu dilakukan penyaringan terhadap permasalahan-permasalahan yang muncul. 


Judul  Skripsi yang tepat dan baik adalah, sebagai berikut : 


  • Judul dalam kalimat pernyataan, bukan pertanyaan. 
  • Cukup jelas dan singkat.
  • Berisi variable-variabel yang akan diteliti. 
  • Judul menggambarkan keseluruhan isi dan kegiatan penelitian yang dilakukan. 


Alasan Memilih Judul Skripsi


Sebuah judul yang dipilih atau yang penulis angkat dari pemasalahan-permasalahan yang ada terutama bagi para mahasiswa yang hendak menyelesaikan tugas akhir kuliahnya haruslah memiliki alasan yang kuat. Alasan disini bertujuan untuk mempertahankan laporan penelitian dihadapan penguji karena apabila penulis tidak dapat memberikan penjelasan yang cocok maka penilaian terhadap judul saja memerlukan waktu yang lama, itu belum masuk ke permasalahan isi. Maka jika penulis menemukan kesulitan-kesulitan tersebut supaya memberikan alasan yang jelas, misalnya : 

1. Ungkapkanlah kepada penguji tentang pentingnya masalah yang akan diteliti, alasan ini harus benar-benar kuat, karena kalau tidak kuat maka penelitian itu tidak akan bisa dilanjutkan karena tidak mengandung tingkat kepentingan. Contoh pentingnya masalah diantaranya adalah mengenai tingkat bahaya kalau tidak dilakukan penelitian dan tingkat kemanfaatan dari hasil penelitian yang akan dilakukan. 

2. Ungkapkanlah juga bahwa anda sebagai penulis memiliki minat dan sangat tertarik untuk menjalankan penelitian tersebut, karena faktor ketertarikan akan sangat mempengaruhi hasil penelitian. Seorang peneliti yang bersungguh-sungguh dalam melakukan penelitian akan berbeda hasilnya dengan seorang peneliti yang setengah hati bahkan terpaksa dalam melakukan sebuah penelitian. 

3. Ungkapkanlah alasan adanya kesenjangan antara apa yang diharapkan dan apa kenyataan yang terjadi. Penulis harus benar-benar memahami kesenjangan ini, karena dengan kesenjangan ini maka anda akan dapat mengemukakan sebuah masalah yang akan memperkuat posisi judul penelitian yang telah dibuat. Adapun hal yang perlu penulis perhatikan ketika mempertahankan judul yang dipilih adalah, penulis jangan sampai mengungkapkan bahwa judul yang diajukan berasal dari pembimbing atau disuruh oleh pembimbing. Hal itu dikarenakan pembimbing maupun penguji akan marah, dan kemungkinan terburuk judul penelitian itu tidak akan diterima untuk melanjutkan penelitian. 

Jika kamu masih merasa kesulitan dalam menyusun skripsi, kami juga menyediakan artikel mengenai panduan lengkap cara menyusun skripsi dari awal sampai akhir.


Untuk contoh judul skripsi kami sediakan di kolom berikut ini:

Posting Komentar untuk "[LENGKAP] Cara Membuat Judul Skripsi yang Baik dan Benar"