Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[LENGKAP] Cara Membuat Abstrak Skripsi Beserta 11 Contoh Abstrak Semua Jurusan Di Indonesia

Cara Membuat Abstrak Skripsi Beserta Contoh Abstrak Semua Jurusan Di Indonesia


Pada kesempatan kali ini judulskripsi.com akan memberikan cara membuat abstrak skripsi beserta contoh abstrak skripsi di semua fakutas atau jurusan di indonesia. Jika kamu masih merasa kesulitan dalam membuat atau menyusun skripsi, kami juga memberikan panduan lengkap menyusun skripsi dari awal sampai akhir.


Cara Membuat Abstrak Skripsi


Tujuan utama membuat abstrak adalah untuk memberikan informasi ringkas tentang penelitian yang bersangkutan, yang memungkinkan pembaca untuk mengambil keputusan apakah tulisan tersebut akan bermanfaat untuk di baca.


Struktur Abstrak Skripsi


Struktur meliputi:

  • Masalah, tujuan, dan hipotesis
  • Deskripsi singkat metode, teknik, dan data yang di gunakan
  • Temuan Utama

Struktur pada makalah karya ilmiah:

  • Masalah utama dan tujuan
  • Ringkasan Metodologi
  • Temuan atau simpulan


Jumlah halaman dan baris pada abstrak


  • Pada skripsi paling banyak dua halaman
  • Pada karya ilmiah paling banyak setengah halaman


Format pengetikan abstrak yang biasa di pakai di universitas


  • Kata “ABSTRAK” dengan huruf besar tanpa tanda petik, di letakan di tengah tengah kertas berjarak 6 spasi
  • Kata “Oleh” harus di ketik dengan jarak satu spasi di bawah judul
  • Nama penulis di ketik dengan jarak spasi ganda di bawah kata “Oleh” .

Pengetikan isi abstrak

  • Pengetikan di mulai 4 spasi di bawah nama penulis
  • Seluruh naskah pada abstrak skripsi lengkap di ketik dengan spasi ganda 


11 Contoh Abstrak Semua Jurusan Di Indonesia


Contoh Abstrak Skripsi Fakultas Kedokteran


Judul : Pengaruh latihan interval intensitas tinggi terhadap denyut nadi mahasiswa kedokteran

Riset dasar kesehatan (2007) menyatakan bahwa 48,2% penduduk Indonesia yang berusia lebih dari 10 tahun kurang melakukan aktivitas fisik dengan kelompok perempuan lebih tinggi daripada laki-laki. Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang menggunakan program student centered untuk mahasiswanya yang menyebabkan kesibukan belajar yang sangat padat sehingga mahasiswa kurang melakukan aktivitas fisik. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh latihan interval intensitas tinggi terhadap denyut nadi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang selama periode November 2015–Februari 2016. Latihan interval intensitas tinggi ialah bentuk latihan kombinasi latihan intensitas tinggi dengan intensitas sedang atau rendah dalam selang waktu tertentu dengan efek sama dengan latihan intensitas sedang, namun tidak memerlukan waktu yang banyak. Data didapatkan dari pengukuran denyut nadi secara langsung sebelum dan setelah melakukan latihan interval intensitas tinggi pada 60 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang yang memenuhi kriteria inklusi. Data diolah menggunakan uji T-dependent dan uji normalitas Shapirowilk. Didapatkan denyut nadi subjek meningkat setelah latihan interval intensitas tinggi. Denyut nadi rata-rata sebelum latihan 85,33±10,993 dan setelah latihan 152±8,975. Selanjutnya, dengan uji T-dependent didapatkan p=0,000. Simpulan, terdapat pengaruh latihan interval intensitas tinggi terhadap denyut nadi pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang.



Contoh Abstrak Skripsi Fakultas MIPA


Judul:  Analisa clustering menggunakan metode k-means dan hierarchical clustering (studi kasus : dokumen skripsi jurusan kimia, fmipa, universitas sebelas maret)

Data penelitian dapat dikelompokkan berdasarkan kemiripan tema, objek maupun metode penelitian. Hasil pengelompokkan data penelitian dapat memperlihatkan bagaimana pola kemiripan penelitian dan variasi tema penelitian dari waktu ke waktu. Hasil pengelompokan juga dapat memperlihatkan tema yang banyak diambil mahasiswa dan yang jarang diambil mahasiswa pada waktu tertentu. Informasi tersebut diharapkan dapat membantu dosen dalam mengevaluasi metode pembelajaran yang telah dilakukan. Penelitian ini mengelompokkan dokumen skripsi Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sebelas Maret. Jurusan Kimia dipilih karena jumlah data penelitiannya cukup banyak.
Pengelompokan data penelitian yang umumnya berbentuk teks dapat dilakukan dengan text mining dengan metode clustering. Metode clustering yang digunakan pada penelitian ini adalah kombinasi antara metode Hierarchical Clustering dan K-Means Clustering. Data penelitian dipilih dokumen skripsi. Bagian dari dokumen yang diolah adalah bagian abstrak.
Clustering dokeman menghasilkan 16 cluster. Hasil cluster dianalisa keterkaitan antar dokumennya dan diperkirakan tema dari tiap cluster. Hasil cluster dilihat pula keterkaitannya dengan dosen yang mengajar Jurusan Kimia.
Hasil analisa cluster memperlihatkan bahwa keahlian dosen mempengaruhi variasi tema penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa. Diketahui pula bahwa banyaknya penelitian di suatu tema berkaitan dengan minat siswa dan proyek dosen di Jurusan Kimia.



Contoh Abstrak Skripsi FISIP


Judul : Teknologi dalam Pendidikan : Literasi Digital dan Self-Directed Learning pada Mahasiswa Skripsi


Skripsi merupakan salah satu tanggung jawab dan tugas akhir mahasiswa untuk meraih gelar sarjana. Untuk menyelesaikan tugas tersebut, dibutuhkan kemampuan untuk berinisiatif dalam mengarahkan diri sendiri yang dikenal sebagai Self-directed learning. Salah satu hal yang turut berkontribusi untuk memaksimalkan proses penyelesaian skripsi adalah kompetensi Literasi Digital, yaitu kemampuan untuk memahami serta mengoperasikan teknologi digital secara optimal. Fakultas Psikologi USU, merupakan institusi pendidikan yang juga memberi tuntutan kepada mahasiswa untuk menyelesaikan skripsi sebagai syarat untuk meraih gelar sarjana. Sejak tahun 2009, Fakultas ini telah aktif menerapkan perangkat digital dalam berbagai proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional dan bertujuan untuk mengetahui hubungan literasi digital dengan self-directed learning pada mahasiswa skripsi di Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan skala literasi digital berdasarkan aspek-aspek literasi digital (Hague&Payton, 2010) dan skala self-directed learning berdasarkan aspek-aspek self-directed learning (Gibbons, 2002). Hasil analisa data menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara literasi digital dengan self-directed learning pada mahasiswa skripsi di Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara.



Contoh Abstrak Skripsi Fakultas Ekonomi


Judul: Keputusan investasi, Keputusan Pendanaan dan Kebijakan Dividen Sebagai Determinan Nilai Perusahaan


Optimization of the company's value can be achieved through the implementation of the financial management function, where the financial decisions taken will affect other financial decisions and have an impact on the value of the company's financial management regarding the settlement of the important decisions taken by the company. This study aimed to analyze the influence investment decisions, financing decisions and dividend policy on the value of companies listed on the Indonesia Stock Exchange.
Population in this research are manufacturing companies listed on the Stock Exchange from 2010-2013. After the selection of samples by purposive sampling method obtained a sample of 44 observations for four years. The research data was obtained from the published annual reports and stock price data downloaded from www.finance.yahoo.com. The analysis tool used is multiple linear regression and hypothesis testing is done by using the coefficient of determination, F test and t test. The data were processed using SPSS.
From the test results can be seen that the variable dividend policy does not affect the value of the company, while variable investment decisions and funding decisions, significantly influence the value of the company. Adjusted R² values obtained of 0.250 or 25%. This shows a 25% coefficient value of the company was affected by investment decisions, financing decisions and dividend policy, while the other 75%, explained by other variables outside the model performed in this study



Contoh Abstrak Skripsi Fakultas Sastra dan Budaya


Judul: Peningkatan Minat dan Kemampuan Membaca melalui Penerapan Program Jam Baca Sekolah di Kelas VII SMP Negeri 01 Puri


Kemampuan membaca berhubungan dengan minat dan kebiasaaan membaca. Setiap siswa dituntut untuk memiliki minat dan kemampuan membaca yang baik karena besarnya manfaat membaca bagi seseorang. Namun, hal itu tidak sesuai dengan fenomena yang terjadi saat ini. Rendahnya minat membaca siswa berdampak pula pada kemampuan membacanya. Hal tersebut sesuai dengan hasil penelitian di SMP Negeri 01 Puri yang membuktikan bahwa siswa memiliki minat dan kemampuan membaca yang rendah. Oleh karena itu, peneliti melakukan tindak lanjut dengan menerapkan program jam baca untuk meningkatkan minat dan kemampuan membaca siswa.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan kemampuan membaca siswa kelas VIIE SMP Negeri 1 Puri dengan menerapkan program jam baca. Penelitian ini berfokus pada: (1) proses penerapan program jam baca dalam meningkatkan kemampuan membaca, (2) hasil program jam baca dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa, dan (3) hasil program jam baca dalam meningkatkan minat membaca siswa. Masalah kemampuan membaca siswa yang akan dikaji oleh peneliti yaitu terkait membaca pemahaman siswa, sehingga KD yang akan dicapai oleh siswa adalah KD 7.2 mengomentari buku cerita yang dibaca.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Data penelitian ini dikumpulkan dengan cara menggunakan instrumen pengumpul data yaitu peneliti sebagai instrumen utama. Peneliti bertindak sebagai pengumpul data melalui teknik observasi, teknik wawancara, teknik kuesioner, dan jurnal membaca.

Proses penerapan program jam baca terdiri atas empat tahap meliputi: (1) tahap praprogram, (2) tahap awal program, (3) tahap inti program, dan (4) tahap penutup program. Pada siklus 1, tahap praprogram adalah tahap pengumpulan siswa di perpustakaan. Namun, pada siklus 2, jadwal mengalami perubahan yaitu program dimulai 15 menit setelah jam pelajaran sekolah berakhir.

Tahap awal program adalah pemberian apersepsi terkait minat membaca siswa di perpustakaan dan pengalaman menulis jurnal membaca dan pengarahan tentang langkah-langkah pelaksanaan program. Selain itu, apersepsi yang diberikan juga terkait perubahan minat membaca siswa dan kesulitan yang dialami siswa dari pelaksanaan program pada petemuan sebelumnya dan pengarahan diberikan terkait adanya perubahan metode.

Tahap inti program dilakukan dengan pemberian materi tentang kompetensi “mengomentari buku cerita yang dibaca” dan pelatihan menulis contoh  jurnal dari cerita Legenda Batu Menangis. Tahap berikutnya yaitu pemilihan bahan bacaan berdasarkan deret bangku. Tahap selanjutnya adalah tahap membaca buku masing-masing oleh siswa. Pada tahap pembacaan hasil komentar dan tanggapan siswa, pemilihan siswa dilakukan secara dengan menggunakan metode talking stik.

Pada penutup program adalah pengungkapan kesan dan kesulitan yang dialami siswa. Pada tahap terakhir yaitu pemberian motivasi oleh guru untuk meningkatkan minat dengan menambah frekuensi membaca dan menambah variasi bahan bacaan. Selain itu, motivasi juga diberikan melalui contoh tokoh sukses Soekarno dan R. A. Kartini yang memiliki hobi membaca.

Peningkatan hasil kemampuan membaca melalui penerapan program jam baca dapat dilihat dari nilai hasil jurnal membaca 25 siswa sesuai kualifikasi. Siswa yang berkualifikasi sangat baik meningkat dari 12% (siklus 1) menjadi 36% (siklus 2) dan siswa yang berkualifikasi baik meningkat dari 20% (siklus 1) menjadi 40% (siklus 2). Berdasarkan data tersebut disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan membaca melalui penerapan program jam baca.

Peningkatan kualitas hasil minat membaca melalui penerapan program jam baca dapat dilihat dari peningkatan frekuensi membaca dan variasi bahan bacaan. Ditinjau dari frekuensi membacanya, siswa yang berkualifikasi sedang meningkat dari 12% (siklus 1) menjadi 56% (siklus 2) dan siswa yang berkualifikasi tinggi meningkat dari 0% (siklus 1) menjadi 16% (siklus 2).  Jika ditinjau dari variasi bahan bacaan, siswa yang memiliki 2 variasi bacaan meningkat dari 1 siswa (siklus 1) menjadi 21 siswa (siklus 2) dan siswa yang memiliki 3 variasi bacaan dari tidak ada siswa (siklus 1) menjadi 1 siswa (siklus 2).

Berdasarkan temuan-temuan penelitian disarankan kepada Kepala Sekolah agar meningkatkan fasilitas perpustakaan agar siswa merasa nyaman saat membaca di perpustakaan. Saran bagi guru Bahasa Indonesia agar menerapkan program jam baca secara terorganisasi untuk diikuti semua siswa. Guru juga perlu melaksanakan pembelajaran membaca dengan memanfaatkan fasilitas ruang perpustakaan untuk meningkatkan minat dan kemampuan membaca siswa. Hal tersebut dapat membantu pencapaian tujuan program jam baca.



Contoh Abstrak Skripsi Fakultas Komputer dan Teknologi


Judul: Teknologi dalam Pendidikan : Literasi Digital dan Self-Directed Learning pada Mahasiswa Skripsi


Skripsi merupakan salah satu tanggung jawab dan tugas akhir mahasiswa untuk meraih gelar sarjana. Untuk menyelesaikan tugas tersebut, dibutuhkan kemampuan untuk berinisiatif dalam mengarahkan diri sendiri yang dikenal sebagai Self-directed learning. Salah satu hal yang turut berkontribusi untuk memaksimalkan proses penyelesaian skripsi adalah kompetensi Literasi Digital, yaitu kemampuan untuk memahami serta mengoperasikan teknologi digital secara optimal. Fakultas Psikologi USU, merupakan institusi pendidikan yang juga memberi tuntutan kepada mahasiswa untuk menyelesaikan skripsi sebagai syarat untuk meraih gelar sarjana. Sejak tahun 2009, Fakultas ini telah aktif menerapkan perangkat digital dalam berbagai proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional dan bertujuan untuk mengetahui hubungan literasi digital dengan self-directed learning pada mahasiswa skripsi di Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan skala literasi digital berdasarkan aspek-aspek literasi digital (Hague&Payton, 2010) dan skala self-directed learning berdasarkan aspek-aspek self-directed learning (Gibbons, 2002). Hasil analisa data menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara literasi digital dengan self-directed learning pada mahasiswa skripsi di Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara.



Contoh Abstrak Skripsi Fakultas Pendidikan


Judul: Pengaruh mengikuti orgamawa dan regulasi diri terhadap prokrastinasi mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi di fakultas ilmu pendidikan ikip pgri madiun tahun akademik 2015/2016


Prokrastinasi yang dilakukan mahasiswa dalam mengerjakan skripsi dapat dipengaruhi beberapa faktor, diantaranya adalah mengikuti organisasi kemahasiswaan (Orgamawa) dan regulasi diri.Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui pengaruh mengikuti orgamawa terhadap prokrastinasi mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi, pengaruh regulasi diri terhadap prokrastinasi mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi, serta pengaruh mengikuti Orgamawa dan regulasi diri terhadap prokrastinasi mahasiswa dalam menyelesaikan skripsidi Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP PGRI Madiun tahun akademik 2015/2016.
Metode penelitian yang digunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian ex-post facto.Populasi pada penelitian seluruh mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP PGRI Madiun tahun akademik 2015/2016 yang menjadi pengurus Orgamawa dan sedang menempuh program penyusunan skripsi ber jumlah 60orang. Penentuan sampel dengan teknik sampling jenuh. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi dua prediktor.
Simpulan penelitian ini adalah: (1) ada pengaruh mengikuti Orgamawa terhadap prokrastinasi mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi di Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP PGRI Madiun tahun akademik 2015/2016, (2) ada pengaruh regulasi diri terhadap prokrastinasi mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi di Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP PGRI Madiun tahun akademik 2015/2016, dan (3) ada pengaruh secara simultan mengikuti Orgamawa dan regulasi diri terhadap prokrastinasi mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi di Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP PGRI Madiun tahun akademik 2015/2016.



Contoh Abstrak Skripsi Fakultas Pertanian


Judul: Pengaruh Penambahan Molase Dalam Berbagai Media Pada Jamur Tiram Putih (Pleurotus ostreatus)


Jamur tiram putih (Pleurotus ostreatus) merupakan tumbuhan yang tidak berklorofil yang banyak dijumpai di alam. Seiring dengan perkembangan teknologi, jamur tiram mulai dibudidayakan dengan memanfaatkan bahan media tanam dari serbuk kayu (gergajian), dan untuk memacu pertumbuhan jamur tiram dilakukan pemberian molase yang dikombinasikan dengan macam media tanam. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh macam media tanam, pengaruh pemberian molase dan interaksi antara kedua perlakuan yang diberikan terhadap pertumbuhan dan hasil jamur tiram putih. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Januari sampai bulan Mei 2011 di Balai Jamur Sembung Wetan, Bekonang, Mojolaban, Sukoharjo. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang disusun secara faktorial terdiri dari dua faktor perlakuan yaitu macam media (serbuk kayu sengon, glugu, dan akasia) dan pemberian molase (0 ml, 5 ml, 10 ml, 15 ml, dan 20 ml). Variabel yang diamati adalah lama penyebaran miselium, saat munculnya pin head, jumlah tubuh buah jamur pada satu rumpun, berat tubuh buah jamur dan interval panen. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis ragam berdasarkan uji F taraf 1% dan 5% dan apabila terdapat beda nyata dilanjutkan dengan uji DMRT taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan macam media mempercepat lama penyebaran miselium, saat munculnya pin head, meningkatkan jumlah tubuh buah jamur dan berat tubuh buah jamur, serta mempercepat interval panen. Sedangkan perlakuan penambahan molase mempercepat saat munculnya pin head, meningkatkan jumlah tubuh buah jamur dan berat tubuh buah jamur. Media serbuk sengon (S1) secara umum memberikan pengaruh lebih baik bagi pertumbuhan jamur tiram. Pemberian molase dengan konsentrasi 15 ml/baglog menghasilkan peningkatan pertumbuhan jamur tiram. Interaksi antar dua perlakuan hanya terjadi pada tahap penyebaran miselium jamur. 



Contoh Abstrak Skripsi Fakultas Seni


Judul: Karakter Siswa pada Pelatihan Teater di Kegiatan Ekstrakurikuler Sanggar Seni Teater Pammarica Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Polewali


Karakter Siswa pada Pelatihan Teater di Kegiatan Ekstrakurikuler Sanggar Seni Teater Pammarica Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Polewali. Skripsi, Jurusan Seni Pertunjukan, Prodi Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh SMA Negeri 1 Polewali menerapkan proses pembelajaran pendidikan karakter tidak menjadi suatu pelajaran tersendiri, tetapi dikaitkan dengan semua mata pelajaran, melalui penanaman nilai-nilai budaya sekolah. Pada kenyataannya, cara ini belum mampu membuat seluruh siswa memiliki karakter yang baik. Masih banyak siswa yang bahkan dengan sengaja melanggar aturan sekolah. Adapun penelitian ini bertujuan untuk menjawab masalah (1) Untuk mengetahui pelaksanaan pelatihan teater di kegiatan ekstrakurikuler Sanggar Seni Teater Pammarica SMA Negeri 1 Polewali; (2) Untuk mengetahui nilai karakter yang ada pada pelatihan teater di kegiatan ekstrakurikuler Sanggar Seni Teater Pammarica SMA Negeri 1 Polewali. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi objek sasaran adalah Anggota Sanggar Seni Teater Pammarica SMA Negeri 1 Polewali. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, display data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pelatihan teater di kegiatan ekstrakurikuler Sanggar Seni Teater Pammarica SMA Negeri 1 Polewali dilaksanakan dengan cara latihan dasar seni teater yang meliputi olah tubuh, olah suara, olah rasa dan proses seni teater yang meliputi casting, reading, blocking, latihan lanjutan; (2) Nilai karakter yang ada pada pelatihan teater di kegiatan ekstrakurikuler Sanggar Seni Teater Pammarica SMA Negeri 1 Polewali yaitu religius, percaya diri, peduli sosial, tanggungjawab, disiplin, jujur, selain itu masih ada beberapa nilai-nilai karakter yang dapat dipelajari dalam naskah yaitu toleransi, kerja keras, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, dan cinta tanah air. Kata Kunci: Nilai Karakter, Teater, Ekstrakurikuler.



Contoh Abstrak Skripsi Fakultas Teknik


Judul: Penerapan Algoritma Cosine Similarity dan Pembobotan TF-IDF pada Sistem Klasifikasi Dokumen Skripsi


Banyaknya arsip dokumen skripsi yang terkumpul dalam bentuk soft file yang tidak terklasifikasi dengan baik mengakibatkan proses pencarian kembali menjadi sulit. Untuk mengakses informasi yang dibutuhkan menjadi kurang cepat dan tepat apabila keseluruhan dokumen disimpan dalam satu folder database. Maka dari itu diperlukan suatu sistem yang dapat mengklasifikasikan dokumen secara otomatis ke dalam folder berbeda pada database agar lebih mudah dalam mengelola dokumen yang ada. Metode TF-IDF merupakan suatu cara untuk memberikan bobot hubungan suatu kata (term) terhadap dokumen. Metode cosine similarity merupakan metode untuk menghitung kesamaan antara dua buah objek yang dinyatakan dalam dua buah vector dengan menggunakan keywords (kata kunci) dari sebuah dokumen sebagai ukuran. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah model waterfall, sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D). Data latih yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 50 dokumen skripsi dengan beberapa kategori yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase tingkat ketepatan klasifikasi sistem adalah sebesar 98%.









Posting Komentar untuk "[LENGKAP] Cara Membuat Abstrak Skripsi Beserta 11 Contoh Abstrak Semua Jurusan Di Indonesia"