Investasi Reksa Dana Syariah, Inilah Pengertian dan Keuntungannya!

Investasi Reksa Dana Syariah, Inilah Pengertian dan Keuntungannya!

Seiring dengan perkembangan zaman, membuat pola pikir masyarakat menjadi ikut berkembang. Siapa yang menyangka jika sekarang ini banyak yang mulai beralih untuk menginvestasikan aset kekayaan mereka melalui investasi. Lantaran investasi yang statusnya masih “abu-abu” halal tidaknya, membuat beberapa orang berpikir ulang untuk berinvestasi. Padahal, saat ini investasi Reksa Dana Syariah sudah tersedia di beberapa bank.

Reksa dana syariah mungkin dapat menjadi solusi bagi investor yang menginginkan prosesnya sesuai syariah. Tentu tidak akan khawatir lagi akan berurusan dengan riba. Berikut, penjelasan mengenai pengertian dan keuntungannya:

Definisi Investasi Reksa Dana Syariah

Reksa dana syariah menjadi salah satu investasi Reksa dana yang menawarkan prosesnya melalui proses syariah. Lebih lengkapnya yakni investor yang menginvestasikan aset mereka melalui manajer investasi, Nantinya manajer investasi akan menginvestasikan aset tersebut menjadi saham, obligasi dan lain sebagainya sesuai dengan instrumen pasar keuangan. Tentunya semua tetap sesuai dengan peraturan Islam yang tentunya tidak akan melenceng dari syariah.

Investasi syariah ini mengupayakan agar setiap prosesnya berjalan sesuai syariat Islam sehingga masyarakat yang menginginkan investasi “Halal” dapat berinvestasi sesuai syariah. Ciri utamanya dari investasi ini adalah terdaftar secara resmi pada OJK dengan mengeluarkan efek syariah. Jadi, seluruh prosesnya harus sesuai syariat seperti saham syariah, obligasi dan sebagainya harus sesuai syariah.

Kelebihan dari Reksa Dana Syariah

Mengacu pada pengertian investasi Reksa Dana syariah membuat beberapa orang pastinya berpikir, apa saja keuntungan dari investasi dengan sistem syariah? Banyak sekali keuntungan yang akan didapatkan saat berinvestasi menggunakan Reksa dana syariah terutama bagi investor yang beragama Islam. Berikut beberapa kelebihan yang akan didapat:

Baca Juga  5 Macam Investasi Terbaik Saat Resesi Tiba-Tiba Terjadi

1. Terjamin Halal

Salah satu keuntungan yang sangat menonjol yakni “Kehalalannya”. Lantaran telah masuk ke dalam efek syariah, membuat produk investasi ini menjadi syariah. Jadi, semua prosesnya telah disetujui oleh Dewan Syariah Nasional miliki MUI. Reksa dana syariah pastinya tidak akan meletakkan keuangan ke dalam hal yang berbau haram seperti alkohol ataupun rokok.

2. Terdapat Banyak Pilihan Produk

Beberapa orang mungkin akan berpikir jika investasi syariah tak memiliki banyak pilihan produk. Padahal meskipun syariah, Reksa dana syariah ini tak kalah dengan Reksa dana lainnya. Mempunyai beragam produk yang dapat dipilih untuk memulai investasi. Pada 2019 lalu, tercatat jika Reksa dana syariah telah memiliki 290-an lebih produk yang dapat dipilih.

3. Bisa Dibeli di Platform Digital

Keuntungan lainnya yang bisa didapatkan saat memilih investasi Reksa Dana syariah adalah dapat dibeli melalui platform digital. Di era sekarang pastilah orang- orang akan memilih sebuah sistem yang mudah dan tidak ribet, salah satunya dapat dijalankan secara mudah di platform digital. Reksa dana syariah telah mengembangkan sebuah fitur di mana produk Reksa dana syariah dapat dibeli melalui platform Bareksa dan Bibit dengan proses yang mudah.

4. Nominal Pembelian Terjangkau

Beberapa produk  reksa dana syariah dapat dibeli dengan harga dengan nominal yang relatif terjangkau, yakni dimulai dari 10 ribu saja. Jadi, siapapun dapat berinvestasi dengan mudah dan terjangkau. Zaman sekarang siapa yang menyangka jika dapat berinvestasi dengan nominal yang begitu kecil ini.

5. Pertumbuhan Pasar “Syariah” yang Tergolong Pesat

Salah satu keuntungan  lain yang bisa didapatkan adalah pertumbuhan pasar syariah yang cukup pesat. Reksa Dana syariah mampu memberikan keuntungan yang lumayan  yang cukup besar, lantaran mengingat penduduk Indonesia yang mayoritas Islam. Saat ini, tercatat kapitalisasi pasar modal syariah berkembang sangat pesat dengan mencapai 51,18% dari seluruh perusahaan yang tercatat di BEI.

Baca Juga  Aplikasi Investasi yang Terdaftar di OJK, Terjamin dan Bagus Untuk Pemula

Itulah pembahasan tentang investasi Reksa Dana syariah lengkap dengan pengertian dan keuntungannya. Syariah telah membuat beberapa proses dalam investasi menjadi sedikit berbeda lantaran disesuaikan dengan syariat Islam. Nyatanya investasi di Reksa Dana syariah tetap memberikan berbagai keuntungan dan pastinya dijamin halal karena sesuai dengan syariah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *