5 Cara Memulai investasi Saham Bagi Pemula yang Harus Diperhatikan

5 Cara Memulai investasi Saham Bagi Pemula yang Harus Diperhatikan

Pemberitaan terkait ekonomi terkini sering menyiarkan kesuksesan seseorang dalam melakukan trading saham dan berbagai investasi lainnya. Sebenarnya bagaimanakah cara memulai investasi saham? Sebaiknya sebelum mengetahui cara berinvestasi, ketahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan saham. Sebuah surat penting yang dikeluarkan oleh instansi tertentu dengan nilai yang sudah ditentukan inilah yang disebut dengan saham.

Seseorang yang baru memulai untuk terjun ke dalam pasar modal terlebih dahulu pahami esensi dari saham itu sendiri. Jadi, nantinya tidak akan merugi. Terlebih dalam sebuah investasi tidak hanya saham, ada juga investasi obligasi. Berikut tahapan yang harus diperhatikan sebelum memulai investasi:

1. Aktif Mencari Berbagai Informasi Seputar Saham

Cobalah mencari informasi yang terupdate dan berkembang saat ini. Hal ini adalah yang paling krusial untuk seorang pemula dalam memulai investasi. Bursa Efek Indonesia telah menyiapkan berbagai data dan grafik terkini tentang saham dan investasi. Keseluruhan informasi penting terkait perusahaan, kinerja, analisis keuangan dan lainnya telah disajikan disana.

Akses yang diberikan oleh BEI sangat mudah dan dapat dilihat oleh siapapun. Bukan hanya investor saja namun khalayak umum pun dapat mengaksesnya. Data yang diberikan tentu akan selalu di update sesuai dengan perkembangan terkini. Analisislah setiap data yang diberikan agar tidak terjadi kekeliruan saat melakukan investasi nantinya.

2. Melakukan Seleksi pada Perusahaan Sekuritas

Menjamurnya perusahaan sekuritas di Indonesia, membuat para calon investor harus lebih selektif. Sebagai perantara antara investor dan BEI, maka memilih perusahaan yang tepat sangat penting. Cara memulai investasi saham dapat dilakukan jika investor sudah menetapkan perusahaan sekuritas yang tepat..

Baca Juga  5 Macam Investasi Terbaik Saat Resesi Tiba-Tiba Terjadi

Perusahaan sekuritas di Indonesia sangat banyak, salah satunya yang dimiliki oleh pemerintah dan juga swasta. Hati-hati dalam memilih perusahaan sekuritas, pastikan jika perusahaan tersebut memang memenuhi standar, seperti:

  • Telah bergabung dan bekerja sama dengan BEI.
  • Letak perusahaan yang strategis dan mudah untuk dijangkau.
  • Reputasi perusahaan terjamin baik.

3. Buka Rekening

Pembukaan rekening adalah tahap selanjutnya yang harus disiapkan sebelum melakukan transaksi apapun. Hal ini dikarenakan investasi tidak akan berjalan tanpa adanya rekening. Dalam pembuatan akun biasanya akan dibantu oleh perusahaan terkait administrasi dan tata caranya. Tahap pembukaan rekening mirip dengan yang biasa dilakukan untuk pembukaan rekening tabungan.

Syarat-syarat yang diperlukan dalam membuka rekening saham sendiri sangat umum dan mudah untuk dilengkapi. Jika sudah berhasil membuka rekening, selanjutnya ikuti alur perusahaan sekuritas. Biasanya akan ada tarif awal yang dibebankan. Untuk saldo awal biasanya tergantung dari kebijakan yang dikeluarkan oleh perusahaan sekuritas, minimal saldo biasanya 5 rupiah bahkan lebih.

4. Main Aman di Saham Blue-Chip

Jika masih awam terkait saham dan segala macamnya, bermain aman adalah hal terbaik yang bisa dicoba. Hal itu dikarenakan saham berasal dari perusahaan yang memiliki kualitas dan kinerja yang stabil. Pemula yang ingin mulai berinvestasi bisa memilih saham-saham yang ada di Blue-Chip.

Para Investor senior pun sering merekomendasikan saham blue-chip untuk yang baru mulai belajar investasi. Cara ini juga merupakan hal yang paling aman dan riskan dari kerugian. Jadi, cara yang cukup efektif untuk memulai investasi bagi pemula yaitu bermain di saham Blue-Chip.

5. Pilih Investasi Jangka Panjang

Hasrat akan uang investasi yang terus mengalami kenaikan tentunya menjadi pemicu seseorang untuk melakukan trading jual beli saham. Hanya saja perlu diperhatikan apakah cara tersebut efektif atau jangan-jangan merugi.  Jika seorang investor hanya memikirkan keuntungan yang cepat dan singkat, berarti esensi akan saham belum dipahami sepenuhnya.

Baca Juga  Daftar Investasi Bodong OJK Yang Telah Dihentikan

Bermain dengan saham adalah hal yang memerlukan kesabaran dan juga waktu. Sebuah perusahaan membutuhkan proses untuk dapat berkembang dan memperoleh hasil. Investasi jangka panjanglah yang harusnya dipilih investor untuk melihat kinerja yang dihasilkan dan keuntungan sebuah perusahaan pada tiap waktunya.

Itulah cara memulai investasi saham bagi seseorang yang akan memulai untuk berinvestasi. Bijaksanalah dan teliti dalam memulai investasi. Untung dan rugi adalah hal yang biasa terjadi. Jadi cobalah untuk tetap belajar dan tenang dalam menganalisis saham.

Pencarian Popular

cara berinvestasi yang aman bagi investor pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *