Apa Itu Mandiri Investasi Obligasi Nasional Simak Ulasan Lengkapnya

Apa Itu Mandiri Investasi Obligasi Nasional? Simak Ulasan Lengkapnya

Tren menabung yang tengah ramai dilakukan banyak orang saat ini adalah dengan melakukan investasi. Investasi sebenarnya tidak hanya berupa saham, obligasi juga bisa dijadikan investasi. Surat hutang yang disebut obligasi merupakan investasi yang patut untuk dicoba. Mandiri investasi obligasi nasional merupakan salah satu dari 5 produk unggulan yang ada.

Bagi para investor yang sudah sering melakukan jual beli saham pasti sudah tidak asing lagi dengan produk-produk yang ada di Mandiri Investasi. Hal yang wajib diketahui untuk memulai investasi tentu seseorang harus mengetahui apakah yang akan didapat jika melakukan suatu investasi pada instansi tersebut.

Ketahui Terlebih Dahulu Investasi Obligasi

Sebelum membahas mengenai produk dari investasi hal mendasar untuk diketahui yaitu, tempat untuk memulai berinvestasi. Reksa Dana merupakan tempat dan pengelolaan dana yang dimiliki oleh investor untuk melakukan investasi yang ada di pasar modal. Mandiri investasi obligasi nasional atau yang sering disebut MINION ini adalah Reksa Dana pendapatan tetap yang dianggap stabil.

Investasi obligasi adalah berbentuk surat-surat atau dokumen utang berjangka yang dikeluarkan oleh negara. Obligasi juga bisa dikeluarkan oleh sebuah perusahaan atau instansi lainnya. Surat yang diterbitkan berupa perjanjian dengan berbagai rincian yang terdapat didalamnya. Contoh rinciannya yaitu, besar pinjaman, jatuh tempo dan nama pembeli yang melakukan transaksi.

Keuntungan yang Akan Diperoleh

Dalam setiap investasi baik itu saham ataupun obligasi tentu yang diinginkan para investor adalah keuntungan. Hal yang akan membuat seseorang bergabung untuk berinvestasi pun tentu karena instrumen yang ditawarkan instansi tersebut. Mandiri investasi obligasi nasional tentu memberikan beberapa keuntungan diantaranya:

  • Current Yield, adalah hasil yang didapatkan dari bunga tahunan yang disebut juga dengan kupon sesuai harga obligasi yang berlaku saat ini.
  • Yield to Maturity, keuntungan dari hasil yang didapat seorang investor ketika memegang obligasi hingga akhir jatuh tempo pembayaran dan pada harga yang telah ditetapkan.
  • Bunga yang didapat dari setiap penjualan obligasi.
  • Hanya dengan uang 100.000 investor sudah dapat bergabung pada Reksa Dana unggulan Mandiri.
Baca Juga  Daftar Investasi Bodong OJK Yang Telah Dihentikan

Resiko Kerugian yang Didapat

Setiap investasi tentu ada yang namanya kerugian atau kekurangan pada instrumen yang sudah dipilih. Kerugian tersebutlah investor dapat mengetahui kelemahan ataupun penggunaan taktik yang digunakan salah atau tidak. Menjadi seorang investor harus siap dengan berbagai kemungkinan yang terjadi, diantaranya yaitu:

1. Dana yang Tidak Bisa Kembali

Sesuai dengan namanya surat utang, maka akan ada hal-hal  yang tidak diinginkan terjadi yaitu gagal kembalinya dana yang telah dikeluarkan. Sebenarnya ada berbagai solusi yang dapat digunakan untuk mengantisipasi hal tersebut yaitu dengan mengecek analisis perusahaan terlebih dahulu. Dalam dunia investasi yang namanya pemeriksaan pada sebuah perusahaan adalah hal wajib. Pemeriksaan disini maksudnya yaitu, seorang calon investor harus terlebih dahulu tahu, bidang yang dijalankan sebuah perusahaan.

2. Capital Loss

Surat hutang yang dimiliki para investor tentunya dapat diperjual belikan dalam pasar modal. Dalam transaksi jual beli inilah biasanya akan ada potensi kerugian yang didapat. Bagaimana bisa?, tentu saja bisa, karena didalamnya terdapat selisih harga jual dan beli.

3. Suku Bunga

Selanjutnya ada suku bunga yang dapat membuat investor merugi, sebab setiap harga obligasi biasanya akan berbanding terbalik. Sesuai dengan teori keuangan yaitu jika terdapat kenaikan suku bunga maka harga dari obligasi akan naik dan berlaku sebaliknya. Hal ini yang membuat suku bunga menjadi salah satu resiko yang dapat merugikan investor.

Itulah beberapa hal yang harus untuk diketahui sebelum memulai untuk berinvestasi. Sekarang investasi tidak hanya saham tapi ada juga mandiri investasi obligasi nasional perlu untuk dicoba. Setiap investasi memiliki keuntungan dan kerugiannya masing-masing. Jadi, calon investor harus lebih selektif memilih jenis investasi yang akan diikuti.

Baca Juga  5 Cara Memulai investasi Saham Bagi Pemula yang Harus Diperhatikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *