Penyebab Mainboard Laptop Rusak beserta Solusinya

Penyebab Mainboard Laptop Rusak beserta Solusinya

Mainboard merupakan komponen yang paling penting pada laptop. Hal ini dikarenakan mainboard menjadi tempat untuk menghubungkan sistem-sistem di laptop seperti RAM, VGA, processor dan kartu grafis. Jika mainboard laptop rusak, maka laptop akan sulit menyala bahkan tidak bisa menyala. Berikut ini penjelasan mengenai penyebab mainboard laptop rusak beserta solusinya :

1. Panas Berlebihan pada Laptop

Laptop yang terlalu panas atau sering disebut overheat merupakan salah satu penyebab mainboard laptop rusak. Apabila laptop terlalu panas, maka akan membuat area pada mainboard terutama IC Chipset sera IC PSU akan terganggu dan lama-lama akan mengalami kerusakan. Panas pada laptop ini juga bisa disebabkan karena penggunaan aplikasi yang terlalu lama dan terlalu berat.

Solusinya pengguna bisa menggunakan kipas untuk laptop yang biasa digunakan dibawah laptop, selain itu pengguna juga bisa mengurangi pengguna aplikasi yang terlalu banyak, jika sedang menggunakan aplikasi yang cukup berat, jangan gunakan beberapa aplikasi secara bersamaan.

2. Rusaknya Aliran Listrik pada Mainboard

Penyebab mainboard dapat rusak yang kedua adalah rusaknya aliran listrik pada mainboard. Hal ini biasanya disebabkan oleh power supply yang sudah rusak atau karena tegangan listrik yang sering naik turun. Jika hal ini terjad, aliran listrik ini bisa berpengaruh pada mainboard yang menyebabkan tidak adanya aliran tegangan listrik di mainboard dan bisa menyebabkan kerusakan.

Solusi dari permasalahan ini bisa diatasi dengan mengganti power supply laptop atau dengan menggunakan volt stabilizer yang bisa membantu agar tegangan listrik tetap stabil. Selain itu menjaga kabel charger laptop yang asli juga bisa mencegah terjadinya kerusakan. Hal ini karena kabel charger laptop yang palsu bisa membuat aliran listrik pada mainboard tidak stabil.

Baca Juga  Kenali Penyebab Download Lambat di Play Store

3. Penggunaan Laptop tanpa Baterai

Banyak pengguna laptop yang berangapan bahwa penggunaan baterai secara terus menerus bisa merusak kualitas baterai laptop. Padahal hal ini tidaklah tepat, karena jika terjadi mati listrik secara tiba-tiba, laptop juga akan mati secara mendadak jika tidak menggunakan baterai. Jika laptop sering mati secara mendadak juga bisa menjadi penyebab mainboard jadi rusak.

Oleh karena itu, solusinya tetap gunakan baterai saat penggunaan laptop untuk mencegah terjadinya laptop yang mati mendadak. Beberapa laptop keluaran baru juga sudah membuat baterai laptop tanam yang membuat baterai laptop tidak bisa dilepas, sehingga bisa mengurangi resiko terjadinya penyebab mainboard yang satu ini.

4. Penambahan Komponen pada Mainboard

Beberapa komponen utama pada mainboard seperi RAM, VGA, processor dan kartu grafis merupakan komponen yang penting pada mainboard. Jika salah satu komponen tersebut mengalami kerusakan, maka akan mempengaruhi kinerja mainboard dan juga menyebabkan mainboard rusak sehingga laptop mati total.

Akan tetapi banyak pengguna laptop yang sering melakukan penambahan komponen mainboard ini, hal ini dilakukan untuk menambah performa pada laptop sehingga laptop bisa digunakan tanpa lag dan lancar. Tetapi penambahan komponen yang berlebihan ini bisa mempengaruhi kinerja mainboard juga.

Solusinya pengguna bisa selalu membersihkan laptop dan juga menggunakan beberapa aplikasi seperti game booster agar performa laptop saat bermain masih tetap bagus, dan juga CC Cleaner agar bisa mengoptimalkan kebersihan cache di laptop.

5. Adanya Virus

Virus pada laptop menjadi salah satu penyebab mainboard bisa rusak. Adanya virus bisa menyebabkan laptop menjadi semakin berat, sehingga bisa menyebabkan overheating dan performa laptop mejadi semakin buruk. Solusinya selalu gunakan antivirus secara rutin untuk memeriksa apakah ada virus pada laptop serta jangan menginstall aplikasi secara sembarangan pada internet.

Baca Juga  Keunggulan Perbankan Syariah Pastinya Terjamin Lebih Halal

Itulah beberapa penyebab mainboard laptop rusak beserta solusinya. Hal ini dikarenakan mainboard merupakan komponen paling utama pada laptop. Tentunya jika terjadi kerusakan pada mainboard akan sangat merepotkan, karena semua sistem juga akan ikut terganggu bahkan bisa-bisa laptop tidak bisa dihidupkan. Untuk itu selalu jaga penggunaan laptop dengan baik agar laptop tetap awet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *