Jangan Bingung, Inilah 7 Penyebab Sinyal HP Lemah

Jangan Bingung, Inilah 7 Penyebab Sinyal HP Lemah

Koneksi menjadi nyawa tersendiri bagi kaum milenial. Namun apa jadinya jika perangkat yang digunakan mengalami lemah signal. Tentu kondisi ini sangat menjengkelkan bukan? Ada banyak penyebab sinyal hp lemah. Nah, pada pembahasan kali ini mari cari tahu apa saja yang menyebabkan signal sebuah perangkat menjadi lemah? Simak selengkapnya berikut ini:

1. Cuaca Buruk

Salah satu penyebab yang umum terjadi pada sinyal lemah adalah adanya cuaca buruk. Di beberapa tempat sering terjadi peralihan cuaca yang tiada menentu. Namun yang menjadi kendala paling sering yakni saat musim penghujan. Terlebih jika disertai dengan petir dan kilat. Hujan deras yang sering terjadi menyebabkan koneksi semakin melambat.

2. Jaringan yang Terlalu Sibuk

Pernahkah terfikir saat ada masalah genting namun koneksi ataupun signal terasa lemah. Salah satu penyebab sinyal lemah berikutnya yakni aktivitas jaringan yang terlalu sibuk atau sering disebut Prime Time. Hal ini bisa saja terjadi karena banyak orang menggunakan koneksi di saat bersamaan.

Baca Juga »  6 Aplikasi Untuk Memancing Ikan di Laut yang Direkomendasikan

Biasanya, aktivitas ini terjadi di pagi hingga sore hari pada jam kantor. Jaringan yang ada, akan secara otomatis terbagi sesuai kapasitas pengguna. Sebenarnya konsep signal tidak jauh berbeda seperti layaknya wifi. Saat terlalu banyak orang yang menggunakan akan semakin lemah sinyal yang didapat. Namun hal ini sebenarnya bisa diatasi apabila jaringan provider kuat.

3. Banyak Aplikasi Mengganggu

Sebuah smartphone tentu memiliki banyak aplikasi yang bisa mendukung mobilitas pengguna. Namun banyaknya aplikasi yang ada, tidak semua berdampak baik pada perangkat. Hal yang menjadi penyebab sinyal lemah juga bisa disebabkan karena banyaknya aplikasi yang berjalan bersamaan.

Aplikasi-aplikasi bersize besar yang ada pada perangkat selain memakan kapasitas baterai juga bisa menyebabkan koneksi lambat. Cara yang tepat untuk mengatasi hal ini adalah dengan menonaktifkan aplikasi seluler yang tidak terlalu penting.

Baca Juga »  5 Cara Menggunakan Smartwatch M3 yang Perlu Diketahui Pengguna

4. Saat Berada Di Area Parkiran

Seringkali saat seseorang berada di area parkir, signal terasa lebih lemah. Ada beberapa kesimpulan yang bisa diambil dari sini. Salah satunya karena tempat parkir tersebut terlalu tinggi. Bisa juga karena tempat parkir tersebut memiliki dinding yang terlalu tebal ataupun tertutup rapat, sehingga sinyal bisa sangat susah dijangkau.

Hal  semacam ini tidak hanya bisa terjadi di area tempat parkir saja. Saat seseorang tengah berada dalam area terowongan yang panjang, kendala susah sinyal juga bisa dialami. Jangan bingung, sebab ini akan berangsur normal ketika keluar dari area tersebut.

5. Terjadi Masalah Dengan Kartu SIM

Setiap perangkat smartphone, tentu menggunakan kartu SIM di dalamnya. Adanya sinyal lemah pada sebuah perangkat, bisa disebabkan oleh masalah yang ditimbulkan dari kerusakan kartu SIM. Cara mengatasi hal ini cukup mudah yakni dengan langsung menuju tempat provider untuk membenahi kartu SIM yang digunakan.

Baca Juga »  Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Server Racks

6. Terjadi Perbaikan Jaringan ataupun Maintenance

Hal yang lumrah terjadi pada sebuah perangkat yang mengalami signal lemah adalah karena terjadi perbaikan pada jaringan. Perbaikan atau maintenance, jelas akan berpengaruh pada koneksi serta sinyal jaringan. Tiada yang bisa dilakukan selain menunggu perbaikan selesai sehingga jaringan kembali normal.

7. Sistem Operasi Perangkat Bermasalah

Masalah mengenai penyebab sinyal hp lemah tidak hanya faktor eksternal, melainkan juga karena faktor internal seperti sistem operasi dalam perangkat. Hal yang bisa dilakukan yakni dengan memperbarui sistem operasi. Selain meningkatkan kinerja perangkat, hal ini juga bertujuan untuk mengatasi signal lemah. Cara lain yang bisa dilakukan yakni dengan mematikan ponsel kemudian menghidupkannya kembali.

Sinyal lemah tentu sangat mengganggu. Banyak hal bisa terbengkalai karena kondisi ini. Mobilitas yang tinggi menuntut banyak orang harus bekerja ekstra cepat dan tepat. Perkara mengenai penyebab sinyal hp lemah menjadi salah satu yang patut diperhatikan. Agar kedepannya pengguna tidak lagi bingung atau mengira perangkat telah rusak. Semoga pembahasan ini bermanfaat untuk pembaca di rumah.

Pencarian Popular

https://judulskripsi com/jangan-bingung-inilah-7-penyebab-sinyal-hp-lemah/