universitas hkbp nommensen pematangsiantar

Mengenal Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar yang Berada di Sumatera Utara

Bagi para pelajar SMA yang kini telah lulus, pasti bingung menentukan kampus untuk melanjutkan pendidikan. Hadirnya Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, kini dapat menjadi alternatif kampus yang dapat diperhitungkan.Terlebih lagi merupakan salah satu kampus swasta yang sudah banyak bekerja sama dengan berbagai kampus terbaik di Eropa.

Bentuk dari kolaborasi yang terdapat didalamnya antara lain yaitu dalam Join Research, Student Exchange, scholarship serta program akademik lainnya. Universitas ini telah berdiri sejak tahun 1954 dengan banyaknya hasil lulusan serta alumni terbaiknya.

Sejarah Universitas

Universitas Huria Kristen Batak Protestan Nommensen atau yang disebut HKBP ini terinspirasi dari nama seorang penyebar agama, Ingwer Ludwig. Pernyataan untuk mendirikan sebuah kampus untuk pertama kalinya diusulkan pada tahun 1952 di Sinode Agung. Hal tersebut terjadi karena tanggapan positif yang diberikan oleh masyarakat sebagai bentuk tugas pelayanan saat itu.

Pendirian gedung serta sarana yang akan digunakan diemban oleh panitia dalam masa kerja satu tahun pembangunan. Hingga pada tahun-tahun berikutnya hasil kerja dari panitia pendirian pun membutuhkan waktu hingga terselesaikannya kampus dengan gedung yang sudah kompleks. Termasuk juga ke dalamnya para staf serta fasilitas pendukung lainnya dan diresmikan pada tahun 1954.

Fakultas dan Prodi yang Tersedia

Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar memiliki 3 fakultas dan juga 13 Program studi didalamnya. Terdapat banyaknya pilihan prodi yang ditawarkan dapat membuat pelajar yang akan melanjutkan kuliah, dapat memilih sesuai dengan minat yang dimilikinya. Berikut ini informasi seputar jurusan yang dapat dipilih sebelum mulai melakukan pendaftaran, diantaranya yaitu:

Baca Juga  Ketahui 6 Tes Psikologi Masuk Jurusan Kuliah Terpercaya

1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)

Nah, bagi para pelajar yang memiliki cita-cita ingin jadi seorang guru dapat masuk kedalam fakultas FKIP. Tentukanlah minat dan juga kemampuan pada bidang yang sesuai. Sekarang, terdapat berbagai program studi yang terdapat didalamnya yakni terdapat 9 program yang tersedia.

2. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)

Suka akan mata pelajaran hitungan atau eksakta, maka perlu untuk mempertimbangkan masuk kedalam fakultas FMIPA. Saat ini jenjang pendidikan baru terdapat pada program studi Matematika S1. Masa lama berkuliah mulai dari yang tercepat yatu tiga setengah  tahun sampai empat tahun, tergantung dari setiap mahasiswa yang menyelesaikan tugas akhirnya.

3. Fakultas Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Perairan (FTPSP)

Menyukai hal-hal yang menyangkut dengan mesin ataupun perairan, masuk ke FTPSP bisa jadi pilihan. Dalam fakultas ini nantinya akan banyak mempelajari hal terkait mesin ataupun aplikasinya, begitupun dengan perairan. Program studi yang ditawarkan ada SI Teknik Mesin dan S1 Manajemen Pengelolaan Sumber Daya Perairan.

Visi dan Misi Universitas

Setiap universitas tentunya memiliki visi dan juga misi yang dapat dijadikan sebagai patokan untuk menjadikannya lembaga yang lebih baik kedepannya. Institut atau lembaga yang memberikan layanan pendidikan perlu untuk menentukan tujuan, sehingga nantinya dapat memajukan serta mengembangkan pendidikan kedepannya.

1. Visi

Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar mempunyai visi untuk menjadikan kampus unggul yang melahirkan SDM yang baik kedepannya. Manusia yang bermartabat dan memiliki daya saing yang dapat membawa kampus menuju perguruan tinggi berkelas dunia. Berdasarkan landasan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu kasih kepada Tuhan dan Ibu pertiwi.

2. Misi

Dalam menjalankan perguruan tinggi, HKBP memfokuskannya kedalam beberapa poin didalamnya. Pertama Menjalankan perguruan tinggi kristen yang bermartabat, menyelenggarakan pendidikan berbasis teknologi. Berikutnya melakukan penelitian yang inovatif, pengabdian serta menerapkan kerjasama baik skala nasional maupun internasional.

Baca Juga  Mencari Universitas Jurusan Desain Busana di Indonesia? Ini Dia Daftarnya

Itulah ulasan terkait Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar yang perlu untuk diketahui, terlebih lagi calon mahasiswa yang akan mendaftar. Jangan lupa untuk melihat informasi yang lebih detail secara rinci pada situs website universitas. Cermati dan juga pahami setiap penjelasan agar dapat dengan mudah memilih tempat untuk berkuliah nanti pastinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *