tes psikologi masuk jurusan kuliah

Ketahui 6 Tes Psikologi Masuk Jurusan Kuliah Terpercaya

Memilih jurusan dalam dunia perkuliahan memang bukanlah perkara mudah. Jika salah memilih dan tidak sesuai dengan minat dan bakat, berisiko lulus lebih lama dari masa studi yang seharusnya. Maka, bagi yang masih bingung sebaiknya mengikuti tes psikologi masuk jurusan kuliah. Tes ini pada dasarnya bertujuan untuk melihat jurusan apa saja yang tepat dipilih oleh seseorang. Bagi yang ingin mencobanya, bisa mengikuti beberapa tes di bawah ini:

1. Tes Hipwee

Tes psikologi masuk jurusan kuliah yang pertama ini direkomendasikan oleh Hipwee. Hipwee memang lebih dikenal sebagai media remaja yang sering memberikan informasi seputar gaya hidup serta tips & trick. Namun, siapa sangka jika dalam situs webnya, Hipwee juga menyediakan tes untuk mengetahui minat dan bakat seseorang.

Bagi yang ingin mencoba tes dari Hipwee, pertama-tama buka situs web www.hipwee.com/quiz/ Halaman web tersebut akan menunjukan kalimat sapaan “Yuk Cek, Cocok Kuliah di Jurusan Apa?”. Masih di halaman yang sama, Hipwee juga langsung menampilkan tes psikologi yang berisikan sejumlah pertanyaan.

2. Tes Quipper Campus

Berbeda dengan Hipwee, tes psikologi yang dibuat oleh Quipper lebih ditujukan untuk mengenali kepribadian seseorang. Dengan sejumlah pertanyaan yang diajukan, Quipper akan menganalisis jurusan kuliah apa yang cocok dengan kepribadian orang tersebut. Tes ini dapat diakses secara gratis sehingga peserta tes tidak perlu mengeluarkan biaya. Bagi yang ingin mencoba tes dari Quipper Campus bisa langsung mengunjungi situs web www.campus.quipper.com.

3. Tes Bakat Indonesia

Masih dengan platform tak berbayar yaitu Tes Bakat Indonesia. Tes yang satu ini menyediakan tes psikologi lebih beragam yaitu tes minat, bakat, dan kepribadian. Selain itu, Tes Bakat Indonesia juga akan menunjukan apa saja potensi dari diri seseorang yang bisa digali dan perlu diasah dalam jurusan kuliah tertentu. Hasil dari tes ini akan dicocokan dengan 21 jurusan kuliah yang ditentukan oleh Tes Bakat Indonesia. Penasaran? Silakan kunjungi situs web www.tesbakatindonesia.com untuk mencobanya.

Baca Juga  Daftar Akreditas Universitas Sari Mutiara Medan Menurut Jurusan Terbaru

4. Memikat

Platform tes psikologi yang satu ini dibuat oleh Telkom University. Hasil tes dari Memikat akan merekomendasikan jurusan kuliah yang paling cocok dengan orang yang mengikuti tes ini. Sayangnya, platform tes Memikat adalah platform berbayar sehingga setiap orang yang ingin mengikuti tesnya akan dikenakan biaya. Untuk info lebih lanjut silakan kunjungi situs web resmi dari Memikat yaitu www.smb.telkomuniversity.ac.id.

5. Aku Pintar

Aku Pintar merupakan sebuah aplikasi pendidikan untuk menunjang pembelajaran siswa dan membentuk ekosistem pembelajaran daring. Namun, aplikasi ini juga memiliki fitur tes psikologi yang dapat digunakan untuk melihat kecocokan seseorang dengan jurusan kuliah tertentu. Bagi yang ingin mencoba tes dari Aku Pintar bisa langsung mengunduh aplikasinya terlebih dahulu di Play Store dan App Store.

6. O-Net Profiler

Layanan tes psikologi O-Net Profiler banyak digunakan oleh pelajar Amerika Serikat untuk mengetahui jurusan kuliah apa yang paling cocok dipilih. Tes ini juga berbahasa inggris dan dapat dilakukan secara gratis alias tak berbayar. Selain jurusan kuliah tes psikologi dari O-Net juga bisa dilakukan untuk melihat prospek karir apa yang sesuai dengan passion dan potensi yang dimiliki oleh seseorang.

Itulah 6 macam tes psikologi masuk jurusan kuliah yang bisa dilakukan, khususnya bagi yang masih bingung menentukan jurusan. Setelah mengetahui jurusan yang tepat, pilihlah universitas berkualitas dan terbukti selalu menghasilkan lulusan yang kompeten di dunia kerja. Kunjungi situs web http://mynextmove.org untuk memulai tesnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *